Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Restart HP Samsung Hang Tidak Bisa Sentuh Layar

Cara Restart HP Samsung Hang Tidak Bisa Sentuh Layar
Cara Restart HP Samsung Hang Tidak Bisa Sentuh Layar

CahDeso.id - Kamu pasti pernah saat memainkan HP Samsung tiba-tiba macet dan layar tidak merespon saat disentuh. HP Samsung yang mengalami macet atau hang seperti ini bisa disebabkan oleh prosesor yang tidak mampu memproses perintah yang diberikan oleh pengguna. Bisa karena terlalu banyak aplikasi dan game yang dijalankan, kehabisan resource, RAM penuh dan lain sebagainya. Yang pasti pada kondisi ini HP tidak bisa digunakan sama sekali karena layar macet. 

Solusi terbaiknya untuk mengatasi HP Samsung hang seperti ini yakni dengan melakukan restart. Akan tetapi, umumnya merestart HP mengharuskan kita menekan tombol Power dan pilih opsi Restart di layar. Sedangkan pada kondisi ini layar HP Samsung tidak bisa disentuh alias tidak ada respon. Tenang saja, ada kok cara restart HP Samsung macet tanpa menyentuh layar atau touchscreennya. Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Restart HP Samsung Hang Tidak Bisa Sentuh Layar

Untuk melakukan restart di HP yang hang  atau tidak merespon sama sekali, setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan. Cara ini pastinya sangat mudah dan kamu yang masih awam pun bisa menerapkannya. Tidak hanya bisa diterapkan pada HP Samsung saja, cara ini mungkin juga work dilakukan di HP merek lain, seperti OPPO, VIVO, Xiaomi, Huawei, Asus, Advan, Lenovo, Realme, dan merek HP lainnya.

Sementara menerapkannya di HP Samsung, kamu bisa mencobanya di semua tipe. Mulai dari Samsung Galaxy A Series, Galaxy M Series, Galaxy J Series, Galaxy Z Series hingga Galaxy S Series. Adapun cara restart HP Samsung hang tidak bisa sentuh layar selengkapnya, sebagai berikut:

Cara 1. Restart HP Samsung dengan Melepas Baterai (Removable Battery)

Untuk HP Samsung yang masih menggunakan jenis baterai removable atau bisa dilepas, cara ini bisa dijadikan pilihan. Saat HP Samsung dengan baterai removable milikmu mengalami hang dan tidak merespon, maka kamu bisa melepas bodi belakangnya dan lepaskan baterai HP.

Pada kondisi ini HP akan langsung mati karena daya yang dialirkan ke komponen HP sudah terputus. Jika sudah seperti ini, kamu bisa memasangkan kembali baterai HP dan hidupkan HP seperti biasa. Lakukan langkah-langkah untuk mengatasi HP Samsung hang agar hal ini tidak terjadi lagi di HP-mu.

Cara 2. Restart HP Samsung dengan Menekan Kombinasi Tombol (Non-removable Battery)

Sementara untuk HP Samsung yang memiliki dukungan jenis baterai non-removable, tentunya tidak bisa menerapkan cara di atas. Baterainya sudah tertanam di dalam bodi HP, sehingga tidak bisa dilepas dengan mudah. Solusi terbaiknya untuk melakukan restart HP secara paksa yakni dengan menekan kombinasi tombol. Untuk langkah-langkah merestart HP Samsung tanpa menyentuh layar, yakni:

  1. Letakkan jari-mu di tombol Power / Daya dan Volume Bawah.
  2. Kemudian tekan dan tahan secara bersamaan selama kurang lebih 5-7 detik.
  3. Layar HP akan langsung mati dan bergetar satu kali. 
  4. Secara otomatis HP akan langsung merestart.
  5. Tunggu saja sampai layar menyala kembali.

Cara di atas bisa kamu terapkan di semua tipe HP Samsung, mulai dari Samsung Galaxy M11, Samsung M30, Samsung M31, Samsung A11, Samsung A12, Samsung J5 Pro, Samsung J3 Pro, Samsung J7 Pro, Samsung A3, Samsung A5, Samsung A7, Samsung A32, Samsung A52, Samsung A72, Samsung A01, Samsung A02s, Samsung A03s, Samsung A21, Samsung A22, dan tipe HP Samsung Lainnya. 

Apakah Sering Restart HP Bisa Membuat HP Samsung Cepat Rusak?

Mungkin kalian bertanya-tanya "apakah dengan sering merestart HP Samsung justru membuatnya cepat rusak?". Nyatanya sering restart HP Samsung tidak akan memberikan dampak negatif pada HP tersebut. Justru dengan me-restart HP akan memberikan beberapa keuntungan. 

Keuntungan yang pertama jika HP Samsung sering direstart yakni mempercepat performa HP sehingga terhindar dari Lag atau Hang. Ini karena saat dilakukan restart, semua pengaturan di HP akan dikembalikan seperti semula dan semua file sampah akan dihapus permanen.

Kemudian manfaat restart HP Samsung yang kedua yakni, membersihkan file cache atau sampah di RAM. RAM sendiri berfungsi sebagai penyimpanan sementara yang menyimpan data aplikasi dan data sistem secara otomatis. Ketika dilakukan restart atau mulai ulang, file tersimpan di RAM tersebut akan dihapus secara permanen.

Tips Agar HP Samsung Tidak Sering Hang atau Macet

Ada beberapa tips dan trik supaya HP Samsung tidak sering mengalami yang namanya hang atau macet lagi. Kamu wajib menerapkan beberapa cara ini supaya mengoperasikan HP Samsung bisa lebih nyaman. Beberapa trik yang bisa diterapkan, di antarnya:

  1. Sesuaikan aplikasi dan game yang diinstall dengan kapasitas memori serta spesifikasi HP. Jangan memaksakan HP menjalankan aplikasi dan game berat, jika spesifikasinya standar.
  2. Hapus Aplikasi yang tidak atau jarang digunakan.
  3. Uninstall aplikasi bawaan atau bloatware yang dirasa tidak penting dan tidak berkaitan dengan performa atau fitur HP.
  4. Sering-seringlah membersihkan RAM dan melakukan pengoptimalan perangkat HP. Di HP Samsung sudah ada yang namanya fitur Perawatan Perangkat dan Baterai yang bisa ditemukan di menu Pengaturan atau Settings.
  5. Pastikan ruang memori internal masih memiliki ruang kosong, setidaknya 1-3GB. 
  6. Lakukan pembersihan cache menggunakan aplikasi cleaner bawaan atau pihak ketiga.
  7. Update OS Android ke versi terbaru, di mana OS Android lama biasanya memang terdapat banyak bug di dalamnya. Anda perlu mengecek apakah memang ada versi OS Android baru yang tersedia, kemudian lakukan update atau pembaruan. Untuk mengeceknya bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Update Perangkat Lunak >> Unduh dan Install >> Download >> Instal Pembaruan.
  8. Lakukan factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, baik itu melalui menu Pengaturan atau lewat Recovery Mode. Jika ingin melakukan reset lewat Pengaturan, maka bisa buka menu Pengaturan >> Biometrik dan Keamanan >> Reset >> Reset Data Pabrik.

Mudah bukan, cara restart HP Samsung hang tidak bisa sentuh layar dan tidak merespon di atas? Sekarang kamu tidak perlu panik lagi ketika mendapati HP Samsung milikmu macet, karena merestartnya bisa tanpa harus menyentuh layar sedikit pun. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial pribadimu, agar saya lebih semangat lagi membagikan konten menarik lainnya. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Restart HP Samsung Hang Tidak Bisa Sentuh Layar"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-