Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Android Advan Bootloop dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Android Advan Bootloop
Cara Mengatasi Android Advan Bootloop

CahDeso.id - Sama seperti HP dari brand lainnya, HP Advan juga terkadang mengalami bootloop atau stuck di logo brand. Hal seperti ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik itu karena kelalaian pengguna, kerusakan sistem atau masalah pada hardware smartphone. Yang terpenting di sini bagaimana cara kita untuk mengatasi HP Advan yang bootloop. Nyatanya, masih banyak yang belum tahu cara mengatasi android Advan bootloop tersebut.

Saat mendapati HP Advan bootloop atau berhenti di logo ADVAN saja, sebagian besar pengguna merasa langsung panik. Saking paniknya hingga mereka langsung membawanya ke tukang service HP. Padahal, kalau hanya masalah bootloop Advan masih bisa kita perbaiki sendiri. Terlebih lagi biaya service HP bootloop terbilang lumayan mahal, sekitar Rp 50.000 hingga Rp 250 ribuan. Lantas, bagaimana cara mengatasi android Advan bootloop terus tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini. 

Apa Itu Bootloop pada HP Android?

Sebelum lanjut ke pembahasan cara memperbaiki HP Advan bootloop, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu ada itu Bootloop. Ini karena kondisi bootloop di android, khususnya di HP Advan sering disamakan dengan kondisi lain, seperti Fastboot Mode. Penting mengetahui apakah HP dalam masalah bootloop atau masalah lain. Dengan demikian kamu bisa melakukan penanganan dengan tepat. 

Bootloop merupakan suatu kondisi di mana HP gagal saat melakukan booting sehingga tidak bisa masuk ke sistem android. Pada kondisi ini HP hanya berhenti di logo brand smartphone saja, tidak bisa masuk ke layar menu HP seperti biasa. Umumnya bootloop dibagi menjadi 2 jenis, yakni bootloop ringan (soft bootloop) dan bootloop berat (hard bootloop).

Untuk Bootloop ringan kondisinya tidak begitu parah, di mana hal tersebut hanya terjadi sesekali. Terkadang HP juga bisa dijalankan dengan normal, meskipun tidak melakukan perbaikan sedikit pun. Sementara untuk hard bootloop kondisinya sudah parah, di mana HP sama sekali tidak bisa dioperasikan alias stuck di logo terus meski sudah coba direstart ulang.

Berdasarkan kondisinya tersebut, cara penanganan bootloop tentu berbeda untuk masing-masing jenis. Meskipun demikian, kedua kondisi tersebut masih bisa diperbaiki dengan mudah. Tidak perlu dibawa ke tukang service, kamu bisa melakukan perbaikan HP bootloop sendiri, terutama pada HP Advan. 

Cara Mengatasi Android Advan Bootloop Paling Mudah

Kondisi bootloop sendiri tidak hanya terjadi pada smartphone Advan, tetapi juga pada tablet Advan. Untuk cara memperbaikinya tidak jauh berbeda, dan kamu tetap bisa melakukannya sendiri. Di sini akan saya bahas cara mengatasi Advan mentok di logo alias bootloop sesuai dengan kondisinya, baik itu kondisi bootloop ringan atau bootloop parah. Berikut ini ulasan selengkapnya, yakni:

1. Mendiamkan HP Android Selama Beberapa Waktu (Bootloop Ringan)

Cara yang pertama ini bisa kamu terapkan jika HP Advan-mu mengalami bootloop ringan. Artinya HP Advan sesekali saja mengalami bootloop, dan pada kondisi lain HP masih bisa dioperasikan seperti biasa. Di sini kamu bisa mendiamkan HP Advan selama beberapa waktu agar kondisinya kembali normal.

  • Langkah yang pertama kamu matikan HP Advan seperti biasa dengan menekan tombol Power
  • Setelah itu, kamu lepaskan beberapa elemen luar HP, seperti baterai, SIM Card, dan juga SD Card
  • Sekarang kamu diamkan HP dengan kondisi tersebut sekitar 1 – 5 jam
  • Kalau sudah, sekarang kamu pasang lagi baterai, SIM Card, dan SD Card.
  • Hidupkan lagi HP android Advan seperti biasa. Sekarang HP sudah bisa normal kembali.

Catatan:
Untuk HP dengan baterai tanam atau jenis non-removable, kamu tidak perlu melepasnya. Tetapi, untuk lebih maksimalnya kamu perlu membongkarnya.

2. Melakukan Penghapusan Cache Sistem Android (Bootloop Ringan)

Alternatif lain untuk mengatasi Advan stuck logo alias bootloop yakni dengan melakukan penghapusan cache sistem android atau soft reset. File cache sendiri merupakan file sampah yang biasanya berfungsi untuk mempercepat loading sistem saat melakukan perintah yang sama di momen kedua. Sayangnya, file cache yang menumpuk juga bisa menjadi penyebab utama HP mengalami bootloop. 

Untuk itu, kamu perlu menghapus file cache atau file sampah pada sistem android agar bisa normal kembali. Untuk melakukan penghapusan cache sistem ini sendiri bisa kamu lakukan melalui Recovery Mode. Mengenai langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pertama kamu matikan HP Advan seperti biasa. 
  • Kemudian hidupkan lagi HP dengan cara menekan tombol Power + Volume Atas dan Bawah secara bersamaan selama beberapa detik. 
  • Lepaskan tekanan pada tombol kalau di layar sudah muncul tampilan dan HP bergetar. 
  • Nantinya kamu akan langsung dibawa ke menu Recovery Mode.
Hapus File Cache Sistem Android
Gambar 1 Hapus File Cache Sistem Android
  • Sekarang kamu pilih menu Wipe Cache Partition. Gunakan tombol Volume atas dan bawah untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk OK atau eksekusi pilihan. 
  • Konfirmasi penghapusan cache sistem dengan pilih Yes
Hapus File Cache Sistem Android
Gambar 2 Hapus File Cache Sistem Android
  • Kalau sudah, sekarang kamu pilih menu Reboot System Now
  • Biasanya HP Advan akan normal kembali. 

3. Melakukan Factory Reset (Bootloop Ringan & Hard Bootloop)

Sementara untuk cara yang ketiga ini bisa kamu terapkan pada HP Advan yang mengalami bootloop ringan maupun bootloop parah. Dibandingkan dengan dua cara di atas, cara ketiga ini diklaim lebih ampuh. Masalah bootloop bisa teratasi dengan sangat mudah dan HP bisa normal lagi. Setidaknya ada 2 metode untuk melakukan hard reset atau factory reset tersebut, yakni melalui menu Pengaturan dan menu Recovery Mode.

Metode yang pertama yakni dilakukan melalui menu Pengaturan atau Setelan. Cara ini bisa diterapkan jika kamu masih bisa masuk ke layar menu HP. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut: 

  • Pertama kamu masuk ke menu Penaturan atau Settings di HP Advan. 
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Cadangkan dan Reset
  • Kemudian kamu klik pada opsi Reset data pabrik
Cara Hard Reset HP Advan
Gambar 1 Cara Hard Reset HP Advan
  • Akan muncul notifikasi pop up di layar. Klik tombol Yes/OK untuk mengonfirmasi reset HP Advan. 
  • Tunggu sampai proses reset selesai dan HP akan melakukan restart dengan sendirinya. 
  • Biasanya akan butuh waktu sekitar 5-10 menit untuk HP masuk ke layar menu HP Advan. Jadi, tunggu saja sampai HP berhasil masuk ke menu sistem android.

Catatan:
Sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu jika memang ada data penting yang tersimpan di memori internal HP. Jika tidak, maka semua data tersebut akan dihapus secara permanen. 

Bagaimana jika HP Advan stuck di logo ADVAN terus meskipun sudah berkali-kali direstart? Kalau begitu kamu bisa melakukan hard reset melalui Recovery Mode. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu matikan HP Advan seperti biasa. 
  • Sekarang masuk ke menu Recovery Mode dengan cara menekan tombol Power + Volume Atas dan Bawah secara bersamaan. (beberapa tipe ada yang menggunakan tombol Power + Volume Up + Home)
  • Selanjutnya lepaskan tekanan pada tombol jika HP sudah menampilkan sesuatu di layar dan bergetar. 
Cara Factory Reset Lewat Recovery Mode
Gambar 1 Cara Factory Reset Lewat Recovery Mode
  • Nantinya kamu akan dibawa masuk ke menu Recovery Mode. Selanjutnya pilih opsi Wipe Data / Factory Reset. Gunakan tombol Volume atas dan Volume bawah untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi pilihan. 
Cara Factory Reset Lewat Recovery Mode
Gambar 2 Cara Factory Reset Lewat Recovery Mode
  • Konfirmasi pilihan dengan pilih Yes, Deleta All User Data.
  • Kalau sudah, sekarang kamu pilih opsi Reboot System Now
Cara Factory Reset Lewat Recovery Mode
Gambar 3 Cara Factory Reset Lewat Recovery Mode
  • Maka HP akan melakukan restart dan biasanya butuh waktu sekitar 5 hingga 10 menit.
  • Sekarang HP Advan sudah bisa digunakan dengan normal kembali.

Catatan:
Cara ini bisa diterapkan jika HP mengalami bootloop ringan ataupun bootloop berat atau parah. 

4. Melakukan Flashing Ulang HP Advan

Biasanya dengan factory reset, masalah bootloop di HP Advan khususnya sudah bisa teratasi. Hanya saja, terkadang tidak berapa lama HP mengalami masalah bootloop tersebut lagi. Mungkin karena penyebab lain sehingga membuat HP Advan mengalami bootloop kembali. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan flashing ulang HP advan atau yang dikenal juga dengan istilah update stock ROM. Namun, cara ini perlu dilakukan oleh pengguna yang sudah berpengalaman. Karena kalau salah dalam melakukan flashing, maka bukan tidak mungkin kondisi HP menjadi semakin parah.

Catatan:
Kondisi bootloop ini sendiri bisa terjadi pada semua tipe HP Advan. Mulai dari Advan S5E 4Gs, Advan S50 4G, Advan i5C, Advan S50K, Advan G5, Advan G2, Tab Advan T5C dan tipe HP Advan lainnya.

Penyebab Bootloop pada HP dan Tablet Advan

Seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab Advan bootloop tersebut. Penyebab tersebut bisa datang dari kelalaian pengguan, dari sistem android, ataupun hardware android. Adapun beberapa penyebab android Advan bootloop selengkapnya, antara lain:

1. Salah dalam Melakukan Flash Ulang HP

Penyebab yang pertama HP Advan mengalami bootloop yakni karena kesalahan saat melakukan flashing ulang atau update stock ROM. Menggunakan stock ROM baru memang sering dilakukan oleh para pengguna. Alasannya hal tersebut bisa membuat tampilan HP menjadi lebih keren. Apalagi dengan penggunakan ROM custom atau yang sudah dimodifikasi, tampilan UI HP menjadi semakin keren. 

Sayangnya, melakukan pemasangan stock ROM tersebut seringkali tidak kompatibel dengan sistem android dan spesifikasi HP. Karena itulah yakni terjadi yakni HP mengalami masalah, salah satunya masalah bootloop tersebut. 

2. Penggunaan Aplikasi MOD

Aplikasi dan game MOD memang lebih menarik digunakan dibandingkan dengan versi resminya. Di mana pada aplikasi dan game MOD biasanya dilengkapi dengan fitur yang lebih menarik, bahkan beberapa fitur hanya bisa ditemukan di versi MOD saja. 

Selain itu, aplikasi dan game MOD juga dilengkapi dengan item premium / berbayar yang bisa digunakan secara gratis. Jika pada aplikasi atau game versi resminya, pengguna harus menyelesaikan misi atau bahkan harus membayar dengan uang asli untuk mendapatkan item premium tersebut.

3. Kesalahan dalam Mengatur Permission

Mengatur permission pada sistem android biasanya dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan smartphone. Sayangnya, mungkin karena pengetahuan yang kurang sehingga kita salah dalam mengatur permission pada file sistem android tersebut. 

Hasilnya, HP mengalami berbagai masalah serius yang akhirnya membuatnya tidak bisa dioperasikan dengan maksimal. Salah satu masalah tersebut yakni HP mengalami yang namanya bootloop atau hang di logo brand ADVAN saja. 

4. Kesalahan saat Mengedit Folder Sistem

Satu lagi tindakan yang sering dilakukan oleh pengguna dan bisa menyebabkan HP bootloop yakni salah saat mengedit script dalam folder sistem. Script yang tersimpan di folder sistem semuanya berpengaruh terhadap kinerja HP. Jadi, jika salah sedikit saja dalam mengedit script tersebut, maka HP akan berada dalam masalah. 

Jika kamu tidak memiliki ilmu pengetahuan terhadap pembuatan script pada sistem android, sebaiknya hindari aktivitas ini. 

5. Restore Data Bakcup

Backup data sangat penting dilakukan untuk menghindari risiko kehilangan data. Misalnya saja saat HP mengalami error dan harus direset ulang. Hal ini tentunya akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP. Namun, dengan melakukan backup, maka kamu bisa mengembalikan lagi data yang terhapus tersebut. 

Sayangnya, mungkin karena data sudah lama tidak diupdate atau masalah lain sehingga membuatnya error. Saat direstore atau dikembalikan lagi justru hal tersebut membuat HP mengalami bootloop atau berhenti di logo brand terus.

6. Bug pada Sistem Android [Update]

Hal lainnya yang tidak bisa dihindari oleh pengguna sehingga membuat HP androidnya mengalami bootloop atau stuck di logo brand yakni karena bug pada sistem operasi. Bug ini sendiri sering kali ditemukan pada sistem android. Dalam hal ini para vendor akan terus memberikan perbaikan terkait bug tersebut melalui update OS atau Update Sistem.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi android Advan bootloop beserta apa saja yang menjadi penyebabnya. Bantu situs CahDeso.id agar semakin berkembang dengan share informasi yang ada di dalamnya ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Android Advan Bootloop dan Penyebabnya"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-