Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Update di HP Samsung

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Update di HP
Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Update di HP

CahDeso.id - Meskipun diklaim sebagai browser yang paling sempurna, nyataranya Google Chrome tidak jarang mengalami masalah error. Salah satu masalah error yang sering dialami pengguna Google Chorome khususnya di android adalah Google Chrome gagal update atau bahkan tidak bisa diupdate sama sekali. Masalah error seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Yang pasti dampak yang ditimbulkan oleh Google Chrome tidak bisa diperbarui ke versi baru tersebut cukup banyak dan mengganggu kenyamanan pengguna. 

Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini akan saya bahas secara detail cara untuk mengatasi Google Chrome tidak dapat diupdate tersebut. Cara yang saya contohkan ini dipraktekkan di HP android Samsung Galaxy M11 yang sudah mengadopsi OS Android 11. Karena memang beberapa waktu lalu dapat update One UI terbaru.

Masalah Google Chrome tidak bisa diupdate ini saya alami sendiri. Beruntungnya saya sudah menemukan solusi paling ampuh yang akan dishare pada artikel ini. Pastikan kamu membaca artikel ini part per part agar tidak bingung dan masalah Google Chrome error tidak bisa update ke versi baru bisa teratasi. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Google Chrome Gagal Update di HP Android

Sebelum lanjut, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebab aplikasi Google Chrome tidak bisa diupdate di HP android, khususnya HP Samsung. Dengan demikian, nantinya kamu bisa melakukan minimalisir risiko Google Chrome tidak bisa update lagi.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan Aplikasi Google Chrome Android tidak bisa diupdate ke versi baru selengkapnya, sebagai berikut:

1. Jaringan Internet Tidak Stabil

Penyebab utama tidak bisa update Google Chrome ke versi baru di HP android adalah karena jaringan internet yang tidak normal. Sinyal HP lemah sehingga sangat susah untuk menjangkau server dari Google, sehingga update Google Chrome via Play Store tidak bisa dilanjutkan.

Hal ini biasanya sering dialami ketika kita melakukan update aplikasi menggunakan jaringan data seluler. Terkadang jaringan dari operator yang kita gunakan sedang gangguan sehingga kurang maksimal saat digunakan mengakses internet.

2. Terlalu Banyak File Cache yang Tersimpan

Faktor kedua yang menjadi penyebab aplikasi Chrome tidka bisa diperbarui di android adalah karena terlalu banyak file cache yang tersimpan di aplikasi. Baik itu file cache di Google Chrome itu sendiri ataupun di Google Play Store-nya.

3. File Data yang Corrupt

Selain file cache, penyebab lain tidak bisa mengupdate Google Chrome di Play Store adalah karena terjadi file corrupt. File corrupt ini bisa dikarenakan serangan virus ataupun bug terjadi di aplikasi. 

Masalah gagal update yang disebabkan file corrupt tersebut bisa terjadi pada Google Chrome ataupun Google Play Store yang menjadi tempat untuk update aplikasi.

4. Sistem Android Mengalami Error

Dan penyebab yang terakhir adalah karena terjadinya masalah error pada sistem android. Error pada sistem android ini sendiri terkadang terjadi secara alamiah, diserang oleh virus atau malware, ataupun karena aktivitas oprek android dari pengguna.  

Mungin saat melakukan custom ROM android, root HP, flashing HP atau aktivitas lainnya yang berhubungan dengan sistem android.

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Update di HP Android

Setelah mengetahui alasan kenapa kenapa Google Chrome tidak bisa update di HP android, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Masalah tidak bisa update Google Chrome di Playstore ini sebenarnya bisa diperbaiki dengan sangat mudah. 

Masalah tidak bisa atau gagal update seperti ini tidak hanya terjadi pada Google Chrome. Banyak pengguna yang juga mengeluhkan masalah tidak bisa update WebView Sistem Android. Cara mengatasi keduanya pun hampir sama dan mudah sekali pastinya. Setidaknya ada 3 metode yang bisa kamu lakukan dan terapkan, di antaranya:

1. Lakukan Restart HP Android

Restart HP Android
Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah tidak bisa update Google Chrome di HP android yakni dengan melakukan restart HP. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah error ringan di android, termasuk masalah gagal update Google Chrome di Playstore.

Cukup tekan tombol Power beberapa detik hingga muncul tiga tombol di layar. Kemudian kamu pilih tombol Restart atau Mulai Lagi. Setelah HP selesai melakukan restart, sekarang kamu coba lakukan update Google Chrome lewat Google Play Store seperti biasa.

2. Sambungkan HP ke Jaringan Wifi

Sambungkan HP ke Jaringan Wifi
Sambungkan HP ke Jaringan Wifi

Mungkin saja masalah utama kenapa Google Chrome tidak bisa diupdate disebabkan oleh jaringan internet yang tidak normal. Untuk masalah satu ini biasanya ditandai munculnya tulisan “Tertunda” dalam waktu sangat lama saat update Google Chrome di Playstore.

Lakukan “Batal” update Google Chrome terlebih dahulu, kemudian ubah jaringan di HP ke jaringan Wifi. Jika sudah terhubung ke jaringan Wifi, sekarang kamu coba lakukan update Google Chrome lagi. 

Catatan: Umumnya jaringan Wifi lebih cepat dan stabil dibandingkan jaringan data seluler. Inilah kenapa cara satu ini sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah gagal update Google Chrome yang terus tertunda.

3. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Jika kedua cara di atas belum berhasil mengatasi masalah error saat update Google Chrome lewat Playstre, maka kamu bisa coba cara ketiga ini. Cara ini diklaim yang paling ampuh untuk mengatasi masalah tersebut dan langkah-langkahnya pun sangat mudah dan praktis. 

Setidaknya ada 2 aplikasi yang harus kamu hapus file cache atau datanya agar masalah tidak bisa update segera teratasi. Kedua aplikasi yang dimaksud yakni Google Chrome dan Google Play Store. Sebenarnya kamu bisa melakukan ini pada Play Store saja. Akan tetapi agar lebih maksimal sebaiknya hapus cache dan data dilakukan pada keduanya.

Langkah 1 - Menghapus Cache dan Data di Google Chrome

Menghapus Cache dan Data di Google Chrome
Gambar 1 Menghapus Cache dan Data di Google Chrome

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.
  • Sekarang cari aplikasi Google Chrome, kemudian klik pada aplikasi tersebut.
Menghapus Cache dan Data di Google Chrome
Gambar 2 Menghapus Cache dan Data di Google Chrome
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Hapus cache dengan klik tombol Hapus Memori atau Hapus Cache.
  • Jika sudah, lanjut dengan klik tombol Atur Penyimpanan. Kemudian klik Kosongkan Ruang dan Hapus Semua Data.

Langkah 2 - Mengahpus Cache dan Data di Google Play Store

Mengahpus Cache dan Data di Google Play Store
Gambar 1 Mengahpus Cache dan Data di Google Play Store

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi
  • Selanjutnya kamu cari dan klik pada aplikasi Google Play Store.
Mengahpus Cache dan Data di Google Play Store
Gambar 2 Mengahpus Cache dan Data di Google Play Store
  • Pada halaman pengaturan Google Play Store, kamu klik pada opsi Penyimpanan.
  • Sekarang klik tombol Hapus Memori untuk menghapus file cachenya.
  • Jika sudah, lanjut dengan klik tombol Hapus Data.

Jika kedua cara di atas sudah berhasil dilakukan, sekarang kamu tinggal buka lagi Google Play Store dan lakukan update Google Chrome seperi biasa. Masalah tidak bisa update Chrome di Playstore tadi, sekarang sudah teratasi. Google Chrome sudah bisa update ke versi baru.

Hal yang Akan Terjadi Jika Google Chrome Tidak Diupdate

Ada beberapa hal yang mungkin terjadi apabila kamu tidak mengupdate Google Chrome ke versi terbaru. Adapun beberapa hal yang dimaksud, di antaranya:

1. Tampilan Google Chrome Kurang Menarik

Google akan terus memperbaiki tampilan Google Chrome android muapun PC agar penggunanya merasa nyaman saat browsing. Pembaruan tampilan ini akan dihadirkan pada Google Chrome versi terbaru. 

Jadi, jika kamu tidak segera update Google Chrome ke versi baru, kemungkinan tidak akan bisa menikmati tampilan baru dari browser tersebut.

2. Fitur yang Terbatas

Selain memperbaiki tampilan, saat ada update baru dari Google Chrome biasanya disertakan juga penambahan fitur baru. Fitur baru yang lebih lengkap bisa kamu temukan di versi terbaru dari Google Chrome tersebut.

Selain itu, beberapa fitur lama biasanya juga akan diperbarui sehingga fungsinya pun lebih optimal dibandingkan sebelumnya. 

3. Masalah Error saat Mengakses Internet Lewat Google Chrome

Beberapa masalah bug sering terjadi di Google Chrome yang disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa karena struktur kode yang perlu pembaruan, serangan virus dan malware atau hal yang lainnya.

Nah, pada versi baru yang dihadirkan oleh Google biasanya akan lebih kebal dari beberapa faktor tersebut. Dengan begitu aplikasi bisa digunakan dengan lebih optimal dan minim terjadinya masalah error.

4. Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di Android

Masih ada hubungannya dengan hal di atas, Google Chrome yang tidak diupdate biasanya akan mengalami masalah error. Salah satunya adalah Google Chrome tidak bisa dibuka atau keluar sendiri saat dijalankan. Bahasa lainnya yakni Google Chrome Force Close yang cukup sering dialami oleh pengguna android.

Tonton Cara Mengatasi Aplikasi Google Chrome Tidak Bisa Diupdate via Youtube


Itulah tadi beberapa cara mengatasi Google Chrome tidak bisa update di HP android, khususnya HP Samsung. Agar saya lebih semangat lagi dalam membuat artikel menarik lainnya, kalian bisa bantu share artikel di CahDeso.id ini ke akun media sosial pribadimu. Terima kasih dan Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Update di HP Samsung"