Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi Android Brick Beserta Penyebabnya

Cara Mengatasi Android Brick
Cara Mengatasi Android Brick

CahDeso.id - Android brick adalah kondisi di mana HP android tidak mengalami kegagalan saat booting, sehingga membuatnya tidak mampu masuk ke sistem android. Misalnya saja seperti HP berhenti di logo brand, layar mati tapi masih merespon saat dicharge, atau bisa juga HP mati total. Kondisi seperti ini sangat meresahkan pengguna, karena memang peluang untuk memperbaikinya cukup kecil. Ada banyak artikel yang membahas cara mengatasi android brick, tetapi tidak semua triknya tersebut work. 

Untuk memperbaiki android brick ini sendiri bisa dilakukan dengan beberapa metode. Metode yang dipilih bisa disesuaikan dengan kondisi dari HP android saat itu. Perlu penanganan yang tepat pada HP android yang mengalami brick agar bisa segera pulih kembali. Berikut ini trik mengatasi android brick paling ampuh yang bisa coba kamu terapkan. 

Apa Itu Android Brick? Ini Penjelasannya!

Sebagian dari kalian mungkin masih bingung mengenai pengertian dari Android brick. Sederhanya, android brick adalah saat di mana HP android tidak bisa dioperasikan seperti biasa. HP android tidak bisa masuk ke sistem android layaknya HP normal. Dalam kondisi ini layar HP android mati atau terkadang juga masih hidup tetapi stuck di logo brand. Kalau di HP Xiaomi akan muncul logo robot hijau yang sedang memperbaiki. 

HP tidak bisa dihidupkan sama sekali, bahkan kondisi terparahnya HP tidak merespon saat dicharge. Dalam kondisi ini beberapa orang menyebutnya dengan HP matot atau mati total. Sementara untuk kondisi HP stuck di logo brand, sering dikaitkan dengan istilah bootloop.

Jenis-jenis Android Brick yang Harus Kamu Tahu

Android brick sebenarnya ada 2 jenis yang disesuaikan dengan kondisi HP saat tidak bisa masuk ke sistem android. Kedua jenis android brick ini sendiri yakni Soft Brick dan Hard Brick. Untuk kedua jenis brick tersebut tentu berbeda cara penanganannnya. Tidak hanya itu, peluang untuk sembuh juga berbeda, di mana HP android soft brick lebih berpeluang untuk bisa normal kembali. Sementara untuk android hard brick, cukup kecil peluangnya. 

Soft brick sendiri merupakan kondisi di mana HP mengalami gagal booting dan stuck di salah satu tahapan booting. Misalnya saja layar stagnan di logo brand atau logo robot android. Untuk kondisi soft brick ini biasanya lebih mudah diatasi, bahkan hanya dengan langkah sederhana. 

Sementara untuk hard brick ada kondisi HP yang sama sekali tidak bisa dihidupkan. Layar HP tidak menyala sama sekali, bahkan saat dicharge HP tersebut tidak merespon. Kondisi ini sering disebut dengan HP mati total. Berbeda dengan soft brick, meskipun layar mati tetapi masih merespon saat dicas. 

Penyebab Android Brick yang Paling Umum

Sebelum lanjut ke cara mengatasi android brick, ketahui dulu apa saja yang menyebabkan android soft brick dan hardbrick tersebut. Mengetahui apa saja penyebabnya, maka nantinya kamu bisa melakukan pencegahan agar HP tidak mengalami yang namanya brick lagi. Adapun penyebab HP android brick yang paling umum selengkapnya, sebagai berikut:

1. Gagal saat Flashing HP Android

Penyebab brick pada android yang pertama yakni ketika kita gagal saat melakukan flash pada HP. Flashing HP android sering dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah serius pada HP android. Namun sayangnya, mungkin karena pengetahuan yang kurang menyebabkan kegagalan flash. 

Bukan hanya soft brick, kegagalan flashing pada HP android juga berpeluang menyebabkan hard brick. Maksudnya gagal saat flashing ini sendiri bisa diartikan dalam beberapa kondisi, baik salah menggunakan firmware, file firmware rusak atau terpapar malware, tools flashing corrupt dan lain sebagainya. 

2. Kesalahan saat Mengoprek Sistem Android

Apakah kamu salah seorang yang suka ngoprek android? Kalau begitu kamu perlu lebih berhati-hati melakukannya. Pasalnya kesalahan saat melakukan oprek sistem android akan menyebabkan HP mengalami brick, baik itu soft brick ataupun hard brick. 

Ada beberapa kondisi saat oprek android yang bisa menyebabkan HP brick. Bisa ketika salah saat mengedit kode pada sistem android, kesalahan saat memasang ROM, kerusakan hardware dan lain sebagainya. 

3. Salah Mamasukkan Perintah Sistem

Hampir sama dengan penyebab di atas, terkadang pengguna suka iseng untuk masuk ke bagian inti sistem di android. Berbekal pengetahuan seadanya, mungkin kamu secara tidak sadar memasukkan perintah atau instruksi yang  salah. 

Hal inilah yang bisa menyebabkan kegagalan pada sistem dan kondisi parahnya HP mengalami yang namanya brick. Sebaiknya kamu belajar dulu soal sistem android sebelum melakukan yang bisa saja merusak HP androidmu. 

4. Corrupt pada File Sistem

Penyebab lain HP android mengalami soft brick atau hard brick yakni adanya file atau data corrupt di sistem android. Data corrupt tersebut terjadi mungkin karena kesalahan sistem dalam hal pengolahan data. Selain itu, penyebab lainnya yakni karena tindakan belum tuntas yang kamu lakukan pada sistem android. 

5. Bongkar HP Android

Dan penyebab yang tarakhir bisa menyebabkan HP mengalami brick yakni karena aktivitas bongkar pasang HP. Mungkin saja kamu telah salah memasang komponen hardware sehingga menyebabkan HP error. Tindakan lanjutan dilakukan, namun hasilnya kondisi HP semakin parah dan menyebabkan hard brick. 

Catatan: Android brick bisa dialami di semua tipe HP android, mulai dari HP Samsung, Xiaomi, Huawei, Vivo, Oppo, Realme, Asus, Advan, Lenovo dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Android Brick yang Paling Ampuh

Untuk mengatasi kondisi brick di HP android bisa dibilang susah-susah gampang. Kenapa demikian? Karena peluang untuk memperbaiki HP brick tersebut tidak cukup besar. Peluang tersebut didasarkan oleh kondisi dari HP itu sendiri, apakah dalam kondisi hardbrick atau softbrick.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, HP soft brick peluang untuk sembuh lebih besar dibandingkan dengan HP hard brick. Adapun cara memperbaiki android brick selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

1. Cara Mengatasi Android Soft Brick

Untuk memperbaiki android soft brick sebenarnya ada 2 metode yang bisa coba kamu terapkan. Kedua metode tersebut yakni dengan reset dan juga flashing. Cara yang pertama akan saya jelaskan bagaimana melakukan reset HP android soft brick, yakni: 

  • Langkah yang pertama kamu matikan HP android. Kalau perlu buka semua komponen ekternalnya, seperti baterai, SIM Card dan MicroSD selama beberapa menit, kemudian pasang kembali. 
  • Sekarang hidupkan HP android dengan cara menekan tombol Power + Volume Atas + Home secara bersamaan selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada tombol jika HP bergetar dan muncul tampilan di layar.
  • Nantinya layar akan menampilkan menu Recovery Mode.
  • Pada jendela tersebut kamu pilih opsi Wipe Data / Factory Reset. Gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
Mengatasi Android Soft Brick
Gambar 1.1 Langkah Mengatasi Android Soft Brick
  • Selanjutnya pilih Yes, Wipe All Data
  • Kalau sudah, sekarang kamu pilih Reboot System Now
  • Maka HP akan melakukan restart dan booting ulang. 
  • Selamat! HP sudah bisa kamu gunakan secara normal kembali. 

Catatan:
Cara factory reset di atas saya lakukan di HP Samsung. Untuk HP dari brand lain tidka jauh berbeda, mungkin yang berbeda hanya cara untuk masuk ke menu Recovery Mode-nya.

Cara factory reset di atas tidak berhasil menyembuhkan soft brick di HP androidmu? Kalau begitu, kamu bisa mencoba melakukan flashing HP android. Untuk langkah-langkahnya sendiri yakni:

  • Langkah yang pertama kamu siapkan beberapa bahan dan alatnya, yakni Aplikasi Odin, Driver HP Samsung, Firmware / Stock ROM (sesuai tipe HP), perangkat PC/laptop, dan kabel data ORI.
  • Pastikan kamu sudah menginstall software Odin dan driver Samsung di perangkat PC atau laptop. Di sini saya contohkan cara flashing untuk HP Samsung. 
  • Kalau sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi Odin yang sudah diinstall tadi. 
  • Beralih ke HP android soft brick, kamu matikan HP terlebih dahulu. Kemudian hidupkan lagi dengan cara tekan tombol Power + Volume Atas + Home secara bersamaan. Lepaskan tekanan pada tombol ketika layar sudah hidup dan menampilkan recovery mode
  • Sekarang kamu sambungkan HP yang sudah masuk recovery mode ke perangkat PC / laptop menggunakan kabel USB ORI
Mengatasi Android Soft Brick
Gambar 2.1 Langkah Mengatasi Android Soft Brick
  • Pastikan HP terdeteksi oleh PC/laptop dengan melihatnya di PC atau laptop.
  • Kalau sudah, sekarang kamu klik menu PDA pada aplikasi Odin, kemudian masukkan stok ROM atau firmware tadi. Pastikan file stock ROM sudah diekstrak terlebih dahulu agar bisa dimasukkan.
  • Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses flashing HP Samsung.
Mengatasi Android Soft Brick
Gambar 2.2 Langkah Mengatasi Android Soft Brick
  • Tunggu sampai prosesnya selesai dan cabut kabel data di HP. Sekarang kamu bisa coba hidupkan lagi HP androidmu.
  • Selesai.

Catatan:
Cara di atas saya terapkan di HP Samsung. Untuk HP brand lainnya kamu bisa menggunakan tool flashing lain, seperti SP Flash Tools misalnya.

2. Cara Mengatasi Android Hard Brick

Mengatasi hard brick tentu berbeda dengan soft brick di atas. Pasalnya, pada kondisi hard brick layar HP tidak menyala sama sekali. Begitupun saat dicolokin kabel charger, HP android sama sekali tidak memberi respon alias mati total. Adapun langkah-langkah mengatasi android hard brick selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu siapkan beberapa bahan dan alatnya, seperti aplikasi OneClick Unbrick, driver sesuai tipe HP, Java (khusus PC yang tidak terpasang java), PC / laptop, dan kabel data ORI.
  • Pastikan kamu sudah menginstall Java dan driver sesuai tipe HP di perangkat PC atau laptopmu.
  • Kalau sudah, kamu sambungkan HP android hard brick ke perangkat PC/laptop menggunakan kabel data / USB.
  • Sekarang ekstrak file OneClick Unbrick dan langsung jalankan aplikasi tersebut. 
Mengatasi Android Hard Brick
Gambar 1 Langkah Mengatasi Android Hard Brick
  • Pada tampilan utama aplikasi, langsung saja kamu klik tombol Unsoft Brick. Maka nanti akan muncul pesan error di layar. Pada notifikasi pop up tersebut, kamu tekan pada tombol Resolution Center
  • Akan muncul jendela baru di layar, sekarang kamu klik opsi Extract to current folder pada bagian Heimdall. Tunggu beberapa saat, kemudian kamu klik opsi Run the file. Pastikan di layar muncul layar command prompt sebentar dan hilang dengan sendirinya. 
Mengatasi Android Hard Brick
Gambar 2 Langkah Mengatasi Android Hard Brick
  • Lanjut dengan menyalin / copy file OneClick.jar ke folder Heimdall. Klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih Run as Administrator
  • Di layar muncul lagi tampilan seperti saat pertama menjalankan aplikasi OneClik Unbrick tadi. Sekarang kamu klik tombol Unsoft Brick
  • Kalau berhasil, sekarang cabut kabel data dari HP dan buka komponen eksternalnya seperti, baterai, kartu SIM, dan microSD. Diamkan beberapa menit, kemudian pasang kembali baterai HP. 
  • Sekarang kamu hidupkan HP dengan menekan tombol Power + Volume bawah + Home selama beberapa saat hingga di layar muncul tampilan Mode Download. Kalau sudah begini, kamu bisa lanjut untuk melakukan flashing HP. 
  • Selesai.

Catatan:
Untuk melakukan flashing HP bisa dilakukan seperti cara mengatasi soft brick di atas. Pastikan kamu gunakan tools flashing resmi dan firmware sesuai tipe HP. 

Itulah tadi beberapa cara mengatasi android brick yang paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar lebih banyak pengguna terbantu karena masalah brick di HP-nya. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " 3 Cara Mengatasi Android Brick Beserta Penyebabnya"