Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Samsung Galaxy M11 Restart Sendiri

Mengatasi Samsung Galaxy M11 Restart Sendiri
Mengatasi Samsung Galaxy M11 Restart Sendiri

CahDeso.id - Beberapa waktu lalu saya mendapati HP Samsung M11 sering restart sendiri tanpa diketahui penyebabnya. Sontak hal ini membuat saya khawatir dan berpikir kalau HP Samsung Galaxy M11 tersebut sudah rusak. Padahal masih baru dengan jangka pemakaian sekitar 3 bulanan. Dari situ saya mencari cara untuk memperbaiki Samsung M11 yang restart sendiri tersebut di internet.

Dari beberapa situs yang saya baca, ada beberapa trik untuk mengatasi permasalahan HP Samsung restart sendiri tersebut. Di sana memang tidak dijelaskan cara tersebut ampuh untuk mengatasi masalah error pada Samsung Galaxy M11. Tetapi setidaknya saya sudah mendapatkan bayangan untuk memperbaiki masalah error tersebut. Berikut beberapa cara mengatasi Samsung Galaxy M11 restart sendiri dan faktor penyebab-nya. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Penyebab HP Samsung Galaxy M11 Restart atau Mati Sendiri

Penyebab HP Samsung Galaxy M11 Restart Sendiri
Penyebab HP Samsung Galaxy M11 Restart Sendiri

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi masalah restart sendiri pada Samsung Galaxy M11, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja yang menyebabkannya. Dengan mengetahui penyebab Samsung M11 mati sendiri, maka nantinya kamu bisa lebih mudah mengatasinya. Terlebih lagi bisa mencegah agar masalah restart sendiri tersebut tidak terulang lagi. 

Adapun beberapa penyebab Samsung Galaxy M11 restart sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi

Faktor utama yang bisa menyebabkan HP android restart sendiri, khususnya Samsung Galaxy M11 adalah karena terlalu banyak aplikasi yang dijalankan. Aplikasi yang berjalan, baik di muka maupun di latar belakang sama-sama memakan ruang di RAM. Mengingat tugas dari komponen RAM tersebut memang untuk membantu memaksimalkan aktivitas multitasking di HP.

RAM biasanya punya kapasitas tersendiri, dan semakin banyak aplikasi dan game yang dijalankan, maka semakin sedikit ruang kosong di sana. Ketika RAM sudah terlalu penuh alias overload, hal ini membuat HP bertindak secara otomatis untuk mematikan semua komponen. HP akan langsung melakukan restart otomatis atau terkadang juga langsung mati dengan sendirinya. 

2. HP Mengalami Overheat

Kalau sebelumnya disebabkan oleh HP overload, kali ini penyebabnya adalah HP overheat. Overheat merupakan kondisi di mana HP mengalami panas yang tidak biasa alias melebihi panas yang wajar. Ketika sudah terlalu panas, HP akan dengan sendirinya mati atau melakukan restart. 

HP yang mengalami overheat ini biasanya diakibatkan oleh perintah yang berlebih dari pengguna. Misalnya saja menjalankan game berat dengan grafis tinggi dan itu melebihi kemampuan dari HP. Memang benar Samsung M11 merupakan seri HP gaming Samsung, tetapi tentu ada batasan tersendiri pada kemampuannya. 

Selain itu, bisa juga karena terlalu banyak aplikasi yang dijalankan dan data seluler atau Wifi tetap aktif. Hal ini juga bisa membuat HP Samsung M11 cepat panas bahkan overheat. Dan satu lagi, memainkan HP di ruang terbuka atau bahkan di bawah sinar matahari langsung juga bisa dengan cepat membuat HP overheat. 

Catatan:
Sebenarnya masih banyak faktor yang bisa membuat HP cepat panas, seperti cahaya layar yang terlalu tinggi, banyak aplikasi berjalan di latar belakang, download file besar, dan lain sebagainya.

3. Jarang Menidurkan HP

Inilah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna, termasuk saya sendiri. HP sangat jarang atau bahkan tidak pernah dimatikan atau ditidurkan sama sekali. HP dibiarkan terus hidup dan dibuat terus-menerus bekerja tanpa henti. Layaknya manusia, HP juga butuh istirahat agar komponennya tetap awet.

Khususnya HP Samsung Galaxy M11 yang jarang atau tidak pernah dinonaktifkan, akan membuat memorinya cepat penuh. Perlu kamu tahu, semua aktivitas di HP akan tersimpan di memori. Data tersebut akan digunakan ketika kamu melakukan aktivitas yang sama untuk mempercepat loadingnya. Dan data tersebut akan secara otomatis dihapus ketika HP direstart atau dimatikan. Karena sudah terlalu penuh, wajar saja HP akan melakukan restart dengan sendirinya untuk menghilangkan data tersimpan tersebut.

4. Terdapat File Sistem yang Corrupt

Penyebab lain HP Samsung restart sendiri selanjutnya yakni karena adanya file sistem yang corrupt. Hal ini tidak bisa dipungkiri sering terjadi pada sebuah file virtual, termasuk file sistem android. 

Bahkan corrupt pada file sistem android ini terkadang terjadi dengan sendiri, meskipun pengguna tidak melakukan hal yang salah. 

5. Menginstall Aplikasi dan Game dari Luar Play Store

Apakah kamu salah seorang pengguna yang sering menginstall aplikasi atau game dari luar Google Play Store? Jika iya, tidak heran kalau masalah error satu ini akan kamu alami di HP Samsung milikmu. 

Lebih parah lagi jika kamu menginstall aplikasi atau game versi Modifikasi. Struktur data di dalamnya sudah diubah, bisa saja si pemodif menyematkan virus atau malware yang akhirnya bisa masuk ke sistem android. 

6. Terdapat Komponen yang Rusak

Selain software, komponen hardware di HP juga bisa mengalami masalah kerusakan sehingga membuat HP error. Beberapa komponen hardware seperti, RAM, prosesor, IC atau yang lainnya bisa saja rusak. Dan ketika rusak maka hal tersebut membuat HP mengalami masalah, salah satunya masalah restart sendiri.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy M11 Restart Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang kita lanjut ke cara untuk mengatasi masalah HP Samsung selalu restart atau mati sendiri tersebut. Adapun beberapa trik untuk mengatasinya, antara lain:

1. Menghapus Data di HP Samsung

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah restart sendiri pada HP Samsung M11, yakni dengan melakukan penghapusan data. Bukannya data yang tersimpan di RAM, melainkan file cache atau sampah yang tersimpan di memori. 

Di Samsung sudah disediakan fitur khusus untuk menghapus file cache tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

Menghapus Data di HP Samsung
Menghapus Data di HP Samsung

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan di Samsung Galaxy M11. 
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Perawatan Perangkat
  • Tunggu sistem melakukan pemindaian secara otomatis. Di sana akan tertera angka yang menunjukkan performa HP. Jika angka yang keluar di bawah 100, maka perlu dilakukan pengoptimalan. Klik tombol Optimalkan Sekarang yang ada di bagian bawah tampilan.
  • Tinggal menunggu sampai proses pengoptimalan selesai dan angkanya mencapai 100.
  • Untuk memaksimalkannya, kamu klik pada bagian Memori. Jika ditemukan file cache, kamu tinggal klik tombol Hapus Sekarang.
  • Selesai.

Selain cara di atas, ada trik lain untuk menghapus data cache di HP Samsung, yakni melalui menu Recovery Mode. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

Menghapus Cache di HP Samsung
Menghapus Cache di HP Samsung

  • Langkah yang pertama kamu matikan HP Samsung Galaxy M11.
  • Kemudian hidupkan kembali HP dengan cara menekan kombinasi tombol Volume Up + tombol Power. Tahan selama beberapa detik sampai HP bergetar dan muncul tampilan di layar. Tetap tahan tekanan pada Volume Up saja sampai Recovery Mode ditampilkan.
  • Di sana ada beberapa pilihan, kamu pilih saja opsi Wipe Cache Partition. Gunakan Volume Up dan Volume Down untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi pilihan. 
  • Konfirmasi penghapusan file cache perangkat HP dengan pilih Yes
  • Tunggu sampai proses penghapusan selesai, dan terakhir pilih opsi Reboot System Now.
  • Tunggu sampai HP menyala lagi.

Catatan:
Masih banyak yang belum tahu cara masuk ke Recovery Mode di Samsung Galaxy M11, pasalnya tombol Home di HP tersebut tidak berbentuk fisik. Untuk masuk, kamu tinggal tekan dan tahan tombol Power + Volume Up selama beberapa detik.

2. Mematikan HP Selama Beberapa Waktu

Jika dengan cara di atas HP Samsung masih tetap melakukan restart sendiri, maka alternatif kedua ini bisa kamu coba lakukan. Kamu cukup mengistirahatkan HP selama beberapa waktu agar kondisinya kembali pulih. 

Istirahatkan HP dengan kondisi mati, kalau perlu kamu cabut kartu SIM beserta microSD yang terpasang di dalamnya. Untuk waktunya sendiri terserah kamu, bisa 1-3 jam saya rasa sudah cukup. Ketika saya mencoba menerapkan cara ini, ternyata memang benar-benar ampuh. Sampai sekarang HP Samsung milik saya tidak pernah mengalami restart sendiri lagi.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Sebagian besar aplikasi sekarang ini selalu berjalan di latar belakang meskipun tidak sedang kamu jalankan. Hal ini tentu akan membuat ruang di RAM cepat penuh dan menyebabkan overheat dan overload. Sebaiknya kamu hapus saja beberapa aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan, terlebih yang sering berjalan di background.

Untuk cara menghapus aplikasi di Samsung Galaxy M11 terbilang sangat mudah, yakni:

Cara Uninstall Aplikasi di Samsung
Cara Uninstall Aplikasi di Samsung

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung Galaxy M11.
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Aplikasi
  • Cari dan klik pada aplikasi yang ingin kamu hapus atau uninstall.
  • Kemudian tinggal klik Hapus Instalan yang ada di bagian paling bawa tampilan.
  • Selesai.

Selain aplikasi yang tidak kamu perlukan, hapus juga aplikasi yang sudah kamu install di HP Samsung dari luar Google Play Store. Aplikasi yang didownload dari luar Play Store umumnya tidak mendapatkan filter yang ketat. Sehingga bisa saja di dalamnya sudah terkontaminasi oleh virus atau malware yang bisa menyebabkan HP mengalami error, termasuk masalah HP restart sendiri.

4. Melakukan Factory Reset HP

Jika sudah melakukan semua cara di atas, namun tetap saja HP sering restart maka cara yang ampuh adalah dengan factory reset. Dengan factory reset maka kamu akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. HP Samsung M11 akan kembali seperti baru dengan data di dalamnya akan terhapus secara pemanen. Untuk itulah, kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu sebelum mereset HP. 

Langkah backup data di Samsung Galaxy M11

Cara Backup Data di HP Samsung
Cara Backup Data di HP Samsung

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP Samsung Galaxy M11. 
  • Kemudian klik pada opsi Akun dan Pencadangan
  • Selanjutnya pilih opsi Pencadangan dan Pemulihan.
  • Di sini kamu bisa memilih ingin mencadangkan data ke Samsung Cloud atau Google Drive. Saya lebih menyarankan untuk memilih Samsung Cloud. Pastikan kamu sudah punya dan mengaktifkan akun Google Cloud. 
  • Pada halaman Pencadangan dan Pemulihan, kamu klik opsi Data Cadangan yang ada di bagian Samsung Account.
  • Sekarang kamu beri centang pada menu yang ingin dicadangkan datanya. 
  • Kalau sudah semuanya, selanjutnya klik tombol Cadangkan dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Setelah melakukan backup atau cadangan data, sekarang kamu bisa melakukan factory reset HP Samsung M11. Ada dua cara untuk melakukan factory reset, yakni melalui menu Pengaturan dan lewat Recovery Mode.

Langkah factory reset lewat menu Pengaturan

Cara Factory Reset HP Samsung
Cara Factory Reset HP Samsung
  • Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan
  • Scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Manajemen Umum.
  • Kemudian klik opsi Reset.
  • Pada tampilan menu Reset, selanjutnya kamu klik pada opsi Reset Data Pabrik
  • Tunggu sampai proses reset selesai dan HP melakukan restart.

Langkah factory reset lewat Recovery Mode

Factory Reset HP Samsung
Factory Reset HP Samsung

  • Langkah yang pertama kamu matikan HP Samsung M11.
  • Hidupkan lagi HP dengan cara tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik. Saat HP bergetar dan muncul logo Samsung, lepas tombol Power dan Volume Atas tetap ditekan dan tahan. Ketika sudah masuk ke Recovery Mode, baru kamu lepaskan tekanan pada tombol Volume Atas. 
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode. Gunakan volume up dan volume down untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi pilihan. 
  • Pilih opsi Wipe Data/Factory Reset
  • Kemudian pada halaman Wipe all data user, konfirmasi pilihan dengan klik Factory Data Reset
  • Tunggu sebentar sampai prosesnya selesai.
  • Kalau sudah, kamu pilih opsi Reboot System Now
  • Maka HP akan melakukan restart. 
  • Selesai.

5. Melakukan Flashing HP

Kamu bisa melakukan flash ulang HP jika memang masalah error yang dialami sudah dikategorikan parah. Sudah dilakukan berbagai cara namun masalah HP restart sendiri belum terpecahkan. Dengan flash ulang HP Samsung berarti kamu akan memperbarui semua data sistem yang ada di dalamnya. 

Untuk melakukan flashing HP Samsung Galaxy M11, kamu bisa menggunakan aplikasi Odin. Sementara untuk firmware atau stok ROM-nya sendiri bisa langsung didownload melalui situs resmi Samsung. Pastikan kamu menggunakan firmware yang memang cocok dengan Samsung M11. 

Catatan:
Semua cara di atas tidak hanya berlaku untuk HP Samsung M11 saja, melainkan juga HP Samsung lain.

Beberapa HP Samsung lain yang mengalami restart sendiri dan bisa diatasi dengan cara di atas, antara lain:

  • Samsung Galaxy M10
  • Samsung Galaxy M20
  • Samsung Galaxy M21
  • Samsung Galaxy M30
  • Samsung Galaxy M30s
  • Samsung Galaxy A11
  • Samsung Galaxy A01
  • Samsung Galaxy A10s
  • Samsung Galaxy A20s
  • Samsung Galaxy A30s
  • Samsung Galaxy A30
  • Samsung Galaxy A50
  • Samsung Galaxy A70
  • Samsung Galaxy A80
  • Samsung Galaxy A31
  • Samsung Galaxy A51
  • Samsung Galaxy A71
  • Samsung Galaxy S Series
  • Samsung Galaxy J Series

Selain itu, cara mengatasi HP restart sendiri ini juga bisa diterapkan pula di HP android dari brand lain, seperti HP OPPO, Realme, Vivo, Xiaomi, Lenovo, Asus, Advan, dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Samsung Galaxy M11 restart sendiri yang paling ampuh dan efektif. Share artikel ini ke akun media sosialmu agar bermanfaat bagi orang lain dan juga sebagai dukungan untuk situs CahDeso.id ini. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Mengatasi Samsung Galaxy M11 Restart Sendiri"