Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Emergency Call Pada Android

Cara Mengatasi Emergency Call Pada Android

CahDeso.id - Emergency Call merupakan suatu keadaan pada HP android yang sama sekali tidak terdeteksi sinyal jaringan. Hal ini menyebabkan pengguna tidak bisa melakukan kegiatan pada HP, seperti SMS, menelpon, Internetan dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan jaringan. Keadaan seperti ini tentu sangat menyebalkan dan membuat kita para pengguna kesal karenanya.

HP android sejatinya memang memiliki kemampuan yang sangat luar biasa canggih dan memiliki banyak sekali fitur yang bisa kita nikmati. Namun, pada kenyataanya HP android tak selamanya demikian. Ada kalanya HP android mengalami suatu masalah, seperti halnya Emergency Call ini. Keadaan Emergency Call Only memang membuat pengguna tidak bisa berbuat apa-apa pada HP android kesayangannya.

Seakan HP tersebut tidak ada gunanya lagi karena tidak lagi bisa digunakan. Namun, tenyata ada loh cara mudahnya untuk mengatasi HP android yang mengalami maslah ini. Bahkan caranya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, sekalipun masih terbilang awam dalam dunia teknologi. Dibawah ini sudah kami rangkumkan cara mengatasi emergency call pada android yang bisa anda terapkan. 

Cara Mengatasi Emergency Call Pada Android


Cara Mengatasi Emergency Call
Cara Mengatasi Emergency Call 
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi emergency call pada android, penting harus kita ketahui terlebih dahulu apa penyebab dari masalah tersebut. Untuk penyebab munculnya tulisan “Emergency Call Only” pada layar smartphone ini ada banyak faktor, salah satunya adalah jaringan operator didaerah tersebut memang kurang bagus.

Beberapa operator memang masih belum mencakup seluruh daerah di Nusantara kita ini. Ada kalanya daerah yang terbilang pedalaman masih belum mencakup sinyal dari operator tersebut. Inilah tentu menjadi penyebab utama mengapa muncul tulisan Emergency Call Only ini pada HP android anda.

Jika memang keadaanya seperti ini, anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini supaya HP anda kembali normal :

  1. Langkah pertama masuk ke menu Pangaturan.
  2. Selanjutnya pilih “Wireless and Network”.
  3. Pada halaman ini, silahkan anda scroll ke bawah dan pilih “Mobile Network”.
  4. Disini silahkan saja anda hidupkan hanya untuk jaringan 2G saja. Artinya HP anda hanya bisa digunakan untuk telephone atau SMS saja. 
  5. Lihat tampilan depan layar, tulisan Emergency Call Only sudah hilang.

Selain itu, penyebab lainnya adalah bisa dikarenakan kartunya operator yang anda gunakan tidak dapat terdetaksi, bisa saja karena lempengan Card yang telah rusak atau memang komponen HP anda yang rusak. Silahkan saja anda coba dengan mengganti kartu lain, lalu pasangkan pada HP android anda. Jika memang tulisan “Emergency Call Only” tidak muncul pada layar, itu berarti memang kartunya yang rusak. Jika tetap, maka bisa dipastikan HP anda yang memiliki masalah tersebut. 

Namun, jika slot SIM Card dalam keadaan baik dan dirasa kartu yang emergency tersebut sangat penting, anda bisa melakukan perbaikan pada Card tersebut. Caranya adalah dengan memberihkan kuningan pada SIM Card dengan menggunakan minyak kayu putih. Gosokkan saja sedikit minyak kayu putih dengan lap lembut secara perlahan. Jika dirasa sudah cukup, silahkan pasang kembali SIM Card pada HP android.

Dengan melakukan beberapa cara mengatasi Emergency Call pada android diatas, diharap tulisan emergency Call Only yang muncul dilayar anda sudah hilang dan HP kembali normal. Semoga informasi yang kami Tim CahDeso.id bagikan diatas bermanfaat.

Cah Agha
Cah Agha "Jika bekerja terasa sangat melelahkan, travelling-lah, kadang bahagia tak selalu tentang uang"

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Emergency Call Pada Android"