Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Chat Telegram di HP Android Terbaru

CahDeso.id - Cara menyembunyikan chat Telegram update terbaru banyak dicari oleh para pengguna, khususnya mereka yang ingin menjaga privasinya. Telegram sendiri telah menyediakan fitur bawaan yang memiliki fungsi utama untuk sembunyikan pesan atau chat pribadi di dalamnya. Pengguna dapat menggunakannya tanpa perlu membayar alias gratis.

Cara Menyembunyikan Chat Telegram di HP Android Terbaru
Cara Menyembunyikan Chat Telegram di HP Android Terbaru

Kita tahu Telegram merupakan salah satu platform chatting online terbaik yang memiliki tingkat keamanan sangat baik. Pengguna dapat mengontrol sendiri privasinya di akun Telegram, termasuk dalam hal chattingan. Chat yang dilakukan di Telegram memungkinkan untuk disembunyikan sehingga tidak akan diketahui oleh orang lain. Akan tetapi, disarankan untuk lebih bijak menggunakan fitur satu ini agar tidak merugikan pihak tertentu.

Fitur semacam ini sebenarnya sudah tersedia di WhatsApp yang merupakan pesaing utama dari Telegram. Namun, fitur menyembunyikan chat di Telegram ini dianggap lebih baik dibandingkan dengan fitur hidden chat milik WhatsApp. Alasannya fitur penyembunyi chat di Telegram ini benar-benar tersembunyi, sehingga tidak akan ada yang menyadari kalau kamu sedang menyembunyikan satu atau beberapa chat di dalam aplikasi. Jika kamu sudah penasaran dengan fitur Telegram tersebut, yuk langsung baca ulasan di bawah ini!

Sekilas Tentang Fitur Sembunyikan Pesan di Telegram

Update terbaru dari Telegram menghadirkan banyak sekali fitur canggih dan keren di dalamnya, khususnya untuk fitur Keamanan dan Privasi pengguna. Dalam hal ini kita sekarang memungkinkan untuk chattingan aman di Telegram tanpa takut ketahuan orang lain. Baik itu, ketahuan oleh teman, pacar, anggota keluarga atau orang lain.

Untuk menyembunyikan chat di Telegram android khususnya, kita tidak perlu memasang aplikasi tambahan alias tanpa aplikasi pihak ketiga. Cukup memanfaatkan fitur privasi chat khusus yang disediakan di Telegram, tentunya ini gratis digunakan. Fitur yang dimaksud tersebut yakni fitur Arsip Obrolan atau Archived Chats.

Sebenarnya fungsi utama dari fitur ini bukanlah untuk menyembunyikan chat. Melainkan untuk mengarsipkan chat agar tergabung dalam 1 folder atau ruang di paling atas menu Obrolan. Hanya saja, setelah 1 atau beberapa chat dimasukkan ke dalam Arsip Obrolan, nantinya kita dapat menyembunyikannya agar tidak tampil di halaman utama menu Obrolan Telegram. Dalam hal ini chat akan benar-benar disembunyikan sehingga tidak bisa dilihat oleh siapa pun ketika ia membuka Telegram milikmu.

Chat yang sudah dimasukkan ke Arsip dan disembunyikan dari halaman utama menu Obrolan Telegram, tentunya masih dapat kamu akses dengan mudah. Saat kamu mengaksesnya dan mengirim pesan di chat yang diarsipkan serta disembunyikan tersebut, maka otomatis chat akan dikeluarkan dari menu Arsip Obrolan. Kenapa demikian? Karena memang fungsi utamanya bukan untuk menyembunyikan chat sebagai privasi.

Chat yang diarsipkan dan disembunyikan di Telegram ini akan otomatis kembali ke daftar obrolan ketika menerima pesan baru dari lawan chat. Oleh sebab itu, cara ini sangat tidak direkomendasikan bagi kamu yang ingin memprivasi chat di Telegram dengan tingkat tinggi. Pasalnya, bisa saja sewaktu-waktu kamu tidak mengetahui kalau ada chat yang masuk dan chat akan kembali ke daftar obrolan, kemudian dilihat oleh orang lain. 

Akan tetapi, jika hanya untuk sekedar agar tampilan halaman utama Daftar Obrolan Telegram terlihat lebih bersih, cara ini sangat bisa dicoba diterapkan. Atau kebutuhanmu hanya untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar daftar obrolan Telegram, cara ini cocok untuk digunakan.

Cara Menyembunyikan Chat Telegram di HP Android Terbaru

Sekarang kita lanjut ke pembahasan utama, yakni untuk menyembunyikan chat rahasia di Telegram menggunakan fitur Arsip Obrolan atau Archived Chats. Adapun langkah-langkah untuk melakukan cara menyembunyikan chat Telegram di android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Telegram seperti biasa di HP androidmu.
  2. Kemudian pada tampilan utama atau daftar obrolan Telegram, kamu cari salah satu chat yang ingin diarsipkan dan disembunyikan.
  3. Jika sudah ketemu, sekarang kamu tekan dan tahan pada chat atau obrolan tersebut.
  4. Akan muncul beberapa menu di bagian atas tampilan, kamu klik pada menu Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas lalu pilih Arsip atau Archive.
    Cara Menyembunyikan Obrolan Telegram di HP Android Terbaru
    Gambar 1 Cara Menyembunyikan Obrolan Telegram di HP Android Terbaru
  5. Otomatis di halaman Daftar Obrolan Telegram tersebut tersemat Arsip Obrolan di bagian paling atas.
  6. Lanjut kita sembunyikan Arsip Obrolan yang tersemat di atas daftar obrolan tersebut dengan cara tekan dan tahan pada menu Arsip tersebut beberapa detik. Kemudian klik opsi Sembunyikan dari Daftar Obrolan yang ada di bagian bawah tampilan.
    Cara Menyembunyikan Obrolan Telegram di HP Android Terbaru
    Gambar 2 Cara Menyembunyikan Obrolan Telegram di HP Android Terbaru
  7. Secara otomatis Arsip Obrolan tadi akan langsung disembunyikan. 
  8. Selesai.

Kamu dapat melakukan cara yang sama untuk menyembunyikan chat lain ke dalam Arsip Obrolan yang disembunyikan tadi. Jika masih belum paham, kamu cukup tekan dan tahan pada chat yang ingin disembunyikan, lalu pilih icon Arsipkan yang ada di bagian atas tampilan. 

Lantas, Bagaimana Cara Melihat Chat yang Sudah Disembunyikan di Arsip Telegram?

Mungkin kamu merasa kebingungan untuk cara mengakses chat yang disembunyikan di dalam menu Arsip Obrolan sebelumnya. Sangat mudah sebenarnya, hanya saja memang masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya. Alhasil chat di dalam Archived Chats atau Arsip Obrolan akan tetap tersembunyi sampai kamu mengeluarkannya sendiri.

Cara termudah untuk membuka Arsip Obrolan yang disembunyikan di Telegram, yakni:

  1. Buka aplikasi Telegram seperti biasa di HP androidmu. 
  2. Tampilan Daftar Obrolan akan terlihat di sana.
  3. Sekarang kamu tarik daftar obrolan tersebut ke bawah dengan satu jari. 
  4. Terus tarik hingga terlihat tulisan “Tarik untuk membuka arsip” hingga berubah menjadi “Lepas untuk membuka arsip” lalu lepas. Maka Arsip Obrolan Telegram akan terlihat lagi dan kamu bisa langsung mengaksesnya. 
    Cara Melihat Chat yang Sudah Disembunyikan di Arsip Telegram
    Cara Melihat Chat yang Sudah Disembunyikan di Arsip Telegram
  5. Untuk menyembunyikannya lagi, kamu cukup geser daftar obrolan ke atas dan Arsip Obrolan akan disembunyikan kembali.
  6. Selesai.

Cara Mengeluarkan Chat dari Arsip Obrolan Telegram yang Disembunyikan

Sudah paham dengan cara menyembunyikan obrolan di Telegram pada HP android, sekarang bagaimana cara untuk mengeluarkan chat dari Arsip yang disembunyikan tersebut? Sangat mudah, kita cukup melakukan beberapa langkah saja, yakni:

  1. Buka aplikasi Telegram seperti biasa di HP androidmu. 
  2. Kemudian buka Arsip Obrolan seperti cara di atas dan masuk ke dalamnya. 
  3. Di sana kamu akan melihat daftar chat yang telah kamu masukkan ke dalam Arsip Obrolan sebelumnya.
    Cara Mengeluarkan Chat dari Arsip Obrolan Telegram yang Disembunyikan
    Cara Mengeluarkan Chat dari Arsip Obrolan Telegram yang Disembunyikan
  4. Kemudian tekan dan tahan pada chat yang ingin kamu keluarkan dari Arsip Obrolan. 
  5. Selanjutnya klik ikon Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas tampilan. 
  6. Lalu pilih opsi Lepas Arsip, maka chat atau obrolan tersebut akan dikembalikan ke halaman Daftar Obrolan Telegram.
  7. Selesai.

Mudah bukan cara menyembunyikan chat Telegram di HP android di atas? Kamu bisa menerapkannya sendiri pada akun Telegram milikmu agar privasi lebih terjaga. Bantu saya mengembangkan situs CahDeso.ID dengan membagikan artikel ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Chat Telegram di HP Android Terbaru"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-