Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Poco C40 Mentok di Logo Lalu Mati Lagi

CahDeso.id - Ada teman yang tanya ke saya soal HP Poco C40 miliknya yang saat dinyalakan selalu mentok di logo dan mati lagi, begitu terus sampai baterainya habis. Perkiraan saya pertama kali saat melihatnya, masalah inti dari HP Poco C40 tersebut terjadi pada bagian softwarenya. Dikarenakan saat dihidupkan, Poco C40 tersebut tidak dapat masuk ke layar utama, melainkan cuma berhenti di logo Poco saja.

Cara Mengatasi Poco C40 Mentok di Logo Lalu Mati Lagi
Cara Mengatasi Poco C40 Mentok di Logo Lalu Mati Lagi

Masalah seperti ini juga sering ditemukan pada HP Poco seri lainnya, seperti Poco M3, Poco X3 Pro dan seri lainnya. Kemungkinan ini memang trik marketing dari Xiaomi selaku induk perusahaan dari seri HP Poco ini. Mereka menciptakan HP dengan harga miring yang didukung dengan spesifikasi tinggi, baik pada RAM, ROM, GPU dan prosesornya. Akan tetapi, mereka mengelabuhi pelanggan dengan kualitas dari setiap komponen hardware yang dipasangkan pada HP besutannya tersebut.

Begitu juga pada HP Poco C40 yang didukung dengan spesifikasi terkesan mumpuni. Di dalamnya didukung dengan prosesor Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A55 & 4x1.5 GHz Cortex-A55) berpadu dengan GPU Mali G57 MCI sebagai pengolah grafisnya. Namun, yang terlihat aneh pada bagian chipsetnya yang terkesan kurang familiar, yakni JLQ. Hal yang sama terlihat pada komponen hardware lain pada Poco C40 ini yang menggunakan merek kurang familiar untuk memangkas biaya produksi.

Poco C40 Berhenti di Logo Lalu Mati Lagi dan Terus Berulang, Apa yang Terjadi?
Penyebab Poco C40 Berhenti di Logo Lalu Mati Lagi
Penyebab Poco C40 Berhenti di Logo Lalu Mati Lagi

Kembali ke permasalahan Poco C40 yang saat dinyalakan hanya berhenti di tampilan logo Poco, lalu mati lagi dan begitu seterusnya. Masalah seperti ini bisa diatasi dengan beberapa cara, namun perlu melakukan pengecekan lebih mendalam terlebih dahulu. 

Dilihat dari kasusnya, hal pertama yang bisa dilihat adalah kerusakan software sehingga perlu melakukan wipe data atau reset. Jika masih belum bisa, maka coba untuk melakukan flash ulang untuk mengganti firmware yang telah rusak atau corrupt. Untuk melakukan cara flash ulang Poco C40 bisa menggunakan bantuan PC atau laptop.

Dikarenakan kondisinya Poco C40 ini mati sendiri saat sudah masuk ke logo Poco, kemungkinan hal ini bukan hanya berkaitan dengan firmware atau software. Bisa jadi karena masalah pada komponen hardware yang terlibat sehingga membuat HP nyala dan mati secara terus-menerus. Baik itu, masalah pada tombol Power, chipset, ataupun baterai HP yang bermasalah yang membuat aliran listrik tidak normal. Inilah yang mungkin menjadi penyebab Poco C40 mentok di logo dan mati sendiri lalu hidup mentok di logo Poco lagi.

Cara Mengatasi Poco C40 Mentok di Logo Lalu Mati Lagi

Masalah error pada HP android memang tidak bisa diprediksi dan bisa datang kapan saja. Misalnya saja pada HP Poco 40 mentok di logo lalu mati lagi dan terus berulang hingga baterai habis seperti ini. Kondisi seperti ini tentunya membuat kita bingung sekaligus galau, apalagi jika di HP tersebut terdapat data penting atau menjadi ladang utama menghasilkan uang. 

Sebenarnya ada beberapa cara mudah dan ampuh untuk mengatasi Poco C40 berhenti di logo saat dinyalakan dan mati sendiri tersebut. Yang pasti cara yang saya jelaskan ini sangat mudah diterapkan bahkan bagi kamu yang masih awam. Tidak perlu lagi membawa HP ke tukang servis, karena kamu bisa membetulkannya sendiri.

Adapun cara mengatasi Poco C40 mentok di logo lalu mati sendiri dan hidup lagi lalu mentok di logo selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Reset Data Pabrik Poco C40

Cara pertama yang bisa kamu lakukan jika mendapati HP Poco C40 milikmu mentok di logo atau istilah lainnya bootloop, maka bisa melakikan hard reset atau factory reset. Perlu diingat, cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP secara permanen. Jadi, kamu perlu memikirkannya terlebih dahulu secara matang-matang akan data tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk cara hard reset Poco C40 bootloop atau mentok di logo selengkapnya, yakni:

Cara Reset Data Pabrik Poco C40
  1. Langkah yang pertama kamu matikan daya Poco C40 yang bootloop tersebut. Caranya tekan dan tahan tombol Daya selama beberapa detik hingga layar mati.
  2. Kemudian hidupkan lagi HP tersebut dengan cara tekan dan tahan tombol Daya + Volume Atas secara bersamaan selama beberapa detik. 
  3. Saat sudah muncul logo Poco, kamu lepas tekanan pada tombol Daya saja. Volume Atas tetap ditekan sampai Poco C40 masuk ke Recovery Mode atau Mode Pemulihan, lalu lepas.
  4. Arahkan pilihan ke Wipe Data menggunakan tombol Volume, dan pilih dengan menekan tombol Daya
  5. Konfirmasi pilihan dengan pilih Wipe All Data dan konfirmasi dengan pilih Confirm.
  6. Tunggu sampai proses resetnya selesai, biasanya membutuhkan waktu 1-5 menit tergantung banyaknya data yang tersimpan di memori internal.
  7. Jika sudah, selanjutnya kamu kembali ke halaman awal Recovery Mode. Kemudian pilih Reboot dan HP akan melakukan proses booting.
  8. Selesai.

Setelah proses booting selesai, biasanya Poco C40 akan masuk ke layar menu utama lagi dan kamu bisa menggunakan HP tersebut seperti biasa. 

2. Lakukan Flash Poco C40

Cara Flash Poco C40

Jika sudah dilakukan reset ulang atau wipe data, tetapi Poco C40 tetap berhenti di logo dan mati hidup sendiri secara terus-menerus, kemungkinan ini softwarenya yang bermasalah. Kamu perlu melakukan penggantian firmware atau stock ROM Poco C40 dengan yang baru atau dengan kata lain melakukan flashing.

Berbeda dengan HP android seri lainnya, di sini kamu bisa melakukan flash Poco C40 hanya dengan satu cara, yakni dengan bantuan PC atau laptop. Selain itu, kamu perlu memasang software FlashTool dan Xiaomi USB Driver for Windows di perangkat PC atau laptop yang digunakan. Tidak lupa juga download firmware Poco C40 Global latest version untuk mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman.

Terdapat 2 cara flashing Poco C40 bootloop yang bisa dilakukan, yakni flash menggunakan FlashTool dan flash lewat Recovery. Kedua cara tersebut sama mudahnya untuk dilakukan, kamu bisa memilih sendiri cara mana yang ingin digunakan. Yang pasti kedua cara ini cukup ampuh untuk mengatasi Poco C40 mentok di logo lalu mati lagi dan terjadi secara berulang-ulang.

3. Periksa Baterai Poco C40

Kondisi lain mungkin tidak dapat menyelesaikan permasalahan pada Poco C40 yang mentok di logo saat dihidupkan lalu mati sendiri sebelum nantinya hidup lagi dan mentok di logo lagi. Hal ini mungkin bukan dikarenakan permasalahan pada firmware atau software HP, melainkan kerusakan pada komponen hardware. Salah satunya ada baterai yang dapat menyebabkan kondisi semacam ini.

Fungsi utama dari baterai adalah untuk mengalirkan daya listrik ke komoponen hardware lain di dalam HP, sehingga HP akan dapat menyala dan berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika aliran listrik tidak stabil, tentunya ini akan berdampak pada fungsi HP. Termasuk kondisi HP yang tidak dapat menyala sempurna dan mati hidup sendiri.

Cara pertama, mengatasi HP yang dinyalakan hanya sampai di logo Poco dan mati lagi, kamu bisa membongkar bodi HP dan cek sambungan di baterai. Cobalah untuk menggunakan baterai lain yang masih normal. Jika ternyata masalah terselesaikan, berarti benar saja baterai Poco C40 yang menyebabkan kondisi HP yang nyala hanya sampai di logo lalu mati lagi tersebut.

Cara kedua, jika ternyata masih tetap, cobalah untuk memeriksa konektor baterai HP. Lepas konektor baterai tersebut lalu pasang lagi dengan benar, pasang baterainya. Kemungkinan konektor baterai yang longgar membuat aliran listrik tidak stabil dan menyebabkan masalah seperti ini.

Cara ketiga, periksa fuse atau sekring di papan baterai apakah masih bagus atau sudah putus. Jika memang sudah putus sekringnya, kamu perlu mengganti fuse atau sekering baterai tersebut. Atau kalau tidak kamu perlu melakukan jumper fuse baterai Poco C40 untuk mengatasi masalah nyala hanya sampai di logo dan mati lagi.

4. Periksa Tombol Power HP Poco C40

Kondisi lainnya adalah HP Poco mentok di logo lalu mati lagi dikarenakan tombol Power atau Daya HP yang bermasalah. Untuk mengetahui secara pasti tentunya kamu perlu melakukan pembongkaran HP dan melihat kondisi kabel fleksible dari tombol Powernya. 

Jika memang sudah rusak, kamu perlu mengganti kabel penghubung dari tombol Power atau Daya tersebut. Selain itu, periksa juga kabel fleksibel tombol Volumenya, apakah masih layak dipakai atau sudah harus diganti juga.

Cara mengatasi Poco C40 berhenti di logo lalu mati lagi perlu disesuaikan dengan kondisi HP. Kamu bisa mengurutkan beberapa cara di atas atau langsung memilih cara mana yang dianggap lebih sesuai dengan kasus bootloop yang terjadi di HP Poco C40 milikmu. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial pribadimu ya? Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Poco C40 Mentok di Logo Lalu Mati Lagi"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-