Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Menghemat Baterai Realme C2 Bisa Tahan Seharian

CahDeso.id - Cara menghemat baterai Realme C2 banyak dicari oleh para pengguna, pasalnya HP satu ini diklaim sangat boros daya baterai. Padahal HP hanya digunakan untuk aktivitas biasa saja, namun daya baterainya cepat sekali habis. Mungkin juga karena faktor umur membuatnya lebih cepat habis daya baterainya, serta karena faktor lainnya. 

Cara Menghemat Baterai Realme C2
Cara Menghemat Baterai Realme C2

HP Realme C2 sendiri dibekali dengan komponen baterai tanam berkapasitas 4000 mAh yang bisa dibilang cukup besar. Selain itu, komponen dapur pacunya terbilang cukup tangguh, yang mana sudah ada dukungan chipset MediaTek Helio P22 dengan teknologi CPU 12nm di dalamnya. Dukungan chipset ini menghasilkan performa kinerja HP yang cepat dan responsive.

Akan tetapi, performa cepat tidak akan berguna jika HP cepat sekali habis daya baterainya. Tenang saja, ada beberapa trik mudah yang bisa dilakukan untuk membuat daya baterai HP Realme C2 lebih hemat dari biasanya. Bahkan daya baterainya tersebut dapat bertahan hingga seharian meskipun kamu sering mengoperasikannya. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Baterai HP Realme C2 Cepat Sekali Habis

Penyebab Baterai HP Realme C2 Cepat Sekali Habis
Penyebab Baterai HP Realme C2 Cepat Sekali Habis

Terdapat beberapa penyebab baterai HP Realme C2 cepat sekali habis, yang mana beberapa penyebab ini bahkan tidak disadari oleh pengguna. Penting untuk mengetahui penyebabnya ini agar kita dapat menghemat daya baterai pada Realme C2. Beberapa penyebab Realme C2 boros baterai tersebut, antara lain:

  • Menjalankan banyak aplikasi dan game secara bersamaan.
  • Terdapat aplikasi atau sistem yang berjalan di latar belakang HP.
  • Menjalankan aplikasi dan game yang berat sehingga membuat HP bekerja lebih keras dan berdampak pada borosnya konsumsi daya baterai.
  • Penggunaan charger yang tidak cocok (kabel USB atau adaptor charger).
  • Faktor usia baterai yang menyebabkan turunnya kemampuan menjalankan fungsinya.
  • Penggunaan wallpaper HD dengan nuansa terang. Atau juga penggunaan wallpaper bergerak / GIF dan Live Wallpaper.
  • Pencahayaan layar HP terlalu terang / diatur ke mode Kecerahan Otomatis atau Auto Brightness.
  • Mengaktifkan Getaran pada HP, baik untuk notifikasi, sentuhan atau getar keyboard.
  • Terlalu banyak menggunakan widget di HP.
  • Mengaktifkan fitur GPS di HP.
  • Mengaktifkan banyak fitur lain di HP Realme C2.
  • Data seluler / jaringan wifi di HP selalu diaktifkan.

Cara Menghemat Baterai Realme C2 Bisa Tahan Seharian

Beberapa faktor di atas perlu kamu hindari jika ingin HP Realme C2 milikmu lebih hemat baterai dan dapat bertahan hingga seharian bahkan lebih. Selain itu, perlu menerapkan beberapa trik di bawah ini agar daya baterai HP Realme tetap awet. Berikut cara menghemat baterai Realme C2 paling ampuh selengkapnya, yakni:

1. Membatasi Penggunaan Aplikasi dan Game Bersamaan

Membatasi Penggunaan Aplikasi dan Game Bersamaan
Membatasi Penggunaan Aplikasi dan Game Bersamaan

Trik pertama untuk membuat baterai HP Realme C2 lebih awet yakni dengan membatasi aktivitas menjalankan aplikasi dan game secara bersamaan. Menjalankan lebih dari 1 aplikasi atau game di HP android hanya akan membuat HP harus bekerja semakin keras. 

Dampak dari aktivitas tersebut akan membuat suhu panas pada HP meningkat drastik. Kemudian kondisi ini akan berkibat konsumsi daya baterai yang semakin boros. Lebih baik langsung menutup aplikasi atau game secara sempurna setelah penggunaannya. Caranya tekan tombol Recent App, lalu pilih Tutup Semua Aplikasi.

2. Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Aplikasi dan game yang tidak dikeluarkan secara sempurna akan menyebabkan ia tetap berjalan di latar belakang. Hal ini akan membuat HP tetap bekerja untuk aplikasi dan game tersebut, meskipun pengguna tidak sedang mengoperasikan HP. Selain itu, ada pula beberapa jenis aplikasi yang memang otomatis berjalan di latar belakang, meski pengguna tidak menjalankannya. 

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini yakni dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut. Terdapat 2 metode yang bisa dilakukan, yakni menghentikan aplikasi secara manual dan otomatis.

Metode 1. Menghentikan Aplikasi Secara Manual

Menghentikan Aplikasi Secara Manual
Menghentikan Aplikasi Secara Manual

  1. Buka menu Pengaturan atau Setelan di Realme C2.
  2. Kemudian masuk ke opsi Manajer Aplikasi.
  3. Pilih tab Semua untuk menampilkan semua aplikasi dan game terinstall.
  4. Pilih salah satu aplikasi atau game yang ingin dihentikan secara paksa. 
  5. Kemudian pilih Force Stop atau Paksa Berhenti.
  6. Selesai.

Metode 2. Menghentikan Aplikasi Secara Otomatis

Menghentikan Aplikasi Secara Otomatis
Menghentikan Aplikasi Secara Otomatis

  1. Download dan install aplikasi bernama Pembersih Aplikasi by AndroidRock dari Google Play Store. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.androidrocker.taskkiller&hl=id&gl=US
  2. Jika sudah, sekarang jalankan aplikasi tersebut.
  3. Berikan izin akses pada aplikasi dengan klik Izinkan.
  4. Aplikasi akan melakukan scanning dan menampilkan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.
  5. Pilih aplikasi yang ingin dihentikan paksa dengan memberi tanda centang. 
  6. Kemudian klik Memberhentikan Terpilih.
  7. Selesai.

Kamu bisa memilih salah satu cara di atas agar aplikasi berjalan di latar belakang HP bisa dihentikan secara paksa dan tidak mengonsumsi daya baterai secara diam-diam.

3. Matikan Auto Brightness dan Sesuaikan Pencahayaan Layar

Fitur Auto Brightness atau Kecerahan Otomatis memang berguna untuk menyesuaikan kecerahan layar sesuai kondisi di mana pengguna mengakses HP. Misalnya pengguna mengoperasikan HP di luar ruangan, maka kecerahan layar secara otomatis ditingkat demi membuat pengguna tetap nyaman menggunakan HP.

Akan tetapi cara ini justru membuat konsumsi daya baterai semakin boros. Sebaiknya kamu matikan fitur Kecerahan Otomatis layar di Realme C2 tersebut dan atur pencahayaannya sesuai kebutuhan.

Matikan Auto Brightness dan Sesuaikan Pencahayaan Layar
Matikan Auto Brightness dan Sesuaikan Pencahayaan Layar

  1. Langkah pertama buka menu Pengaturan atau Setelan.
  2. Kemudian masuk ke opsi Layar & Kecerahan.
  3. Selanjutnya pilih Kecerahan dan hilangkah tanda centang pada Kecerahan Otomatis atau Automatic Brightness.
  4. Kemudian atur kecerahan layar ke tingkat rendah, namun tetap nyaman saat dioperasikan.
  5. Selesai.

Selain tingkat kecerahan, kamu juga bisa mengatur waktu tidur atau mati otomatis layar Realme C2 ke mode paling singkat. Misalnya saja mengatur waktu tidur layar ke 30 detik atau 10 detik.

4. Mengaktifkan Mode Hemat Daya di Realme C2

Pada Realme C2 sudah disediakan fitur untuk menghemat daya baterai otomatis, yang mana sistem akan menyesuaikannya otomatis demi mengoptimalkan konsumsi daya baterai. Untuk cara mengaktifkan Mode Hemat Daya atau Power Saving Mode tersebut, yakni:

Mengaktifkan Mode Hemat Daya di Realme C2
Mengaktifkan Mode Hemat Daya di Realme C2

  1. Buka menu Pengaturan atau Setelan di Realme C2.
  2. Kemudian masuk ke opsi Baterai.
  3. Selanjutnya pilih opsi Mode Hemat Daya dan Mode Super Hemat Daya.
  4. Kemudian aktifkan mode tersebut dengan menggeser tombol slidernya ke arah kanan.
  5. Selesai.

Sebagai langkah lanjutan, kamu bisa mencoba mengaktifkan fitur Ultra Power Saving Mode untuk lebih memaksimalkan penghemat daya baterai HP.

5. Nonaktifkan Live Wallpaper atau Wallpaper Statis

Menggunakan Live Wallpaper di HP android memang sangat menarik, di mana tampilan layar HP menjadi tidak membosankan. Akan tetapi, cara ini justru akan memakan daya baterai yang lebih banyak dan boros. Sebaiknya matikan fitur Live Wallpaper tersebut dan gunakan wallpaper biasa.

Nonaktifkan Live Wallpaper atau Wallpaper Statis
Nonaktifkan Live Wallpaper atau Wallpaper Statis

  1. Pertama buka menu Pengaturan atau Setelan di Realme C2.
  2. Kemudian masuk ke opsi Layar Beranda dan Wallpaper.
  3. Selanjutnya pilih Tetapkan Wallpaper, kemudian pilih Galeri.
  4. Cari wallpaper yang ingin digunakan dan klik Jadikan.
  5. Selesai.

Untuk cara menghemat baterai Realme C2 agar lebih maksimal, disarankan untuk menggunakan wallpaper yang bernuansa gelap. Lebih bagus lagi jika wallpaper yang digunakan polos hitam.

6. Hanya Gunakan Charger Original

Hanya Gunakan Charger Original
Hanya Gunakan Charger Original

Membeli HP Realme C2 pengguna biasanya akan diberikan charger original yang memang sudah sesuai dengan HP tersebut. Ketika charger rusak, sebaiknya jangan gunakan charger lain di pasaran. Lebih baik membeli charger original dari toko official Realme dan sesuai dengan tipe HP Realme C2 milikmu.

Hal ini berlaku untuk adaptor charger maupun kabel USB-nya, yang mana keduanya harus sama-sama ori. Jika menggunakan charger lain bahkan charger abal-abal, hal ini akan berdampak pada kesehatan baterai. Yang pada akhirnya akan membuat baterai cepat sekali habis dayanya. Disarankan pula untuk menghindari penggunaan PowerBank yang hanya dapat memperpendek usia baterai.

7. Mematikan Fitur Tidak Penting di Realme C2

Mematikan Fitur Tidak Penting di Realme C2
Mematikan Fitur Tidak Penting di Realme C2

Realme memang hadir dengan beragam fitur canggih di dalamnya. Akan tetapi, jika kita mengaktifkan semua fitur di Realme tersebut, maka hal ini akan memperbesar konsumsi daya baterai.

Untuk itu, sebaiknya kamu nonaktifkan beberapa fitur di Realme C2 yang sedang tidak digunakan. Misalnya saja, fitur GPS, Sinkronisasi Gmail, Auto Backup Google Photos, Bluetooth, Jaringan Wifi, Motion dan Gesture, dan lain sebagainya.

8. Mematikan Getaran pada Realme C2

Trik lainnya agar daya baterai Realme C2 lebih awet yakni dengan menonaktifkan Mode Getar di dalamnya. Baik itu, mode getar untuk notifikasi chat, panggilan, sentuhan layar, maupun sentuhan tombol keyboard.

HP butuh kerja lebih keras untuk menciptakan efek getar dibandingkan dengan suara saja. Hal ini memungkinkan konsumsi daya baterai lebih boros, apalagi jika getaran yang diciptakan terbilang sering. Untuk itu, matikan saja Mode Getar di Realme C2 tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Mematikan Getaran pada Realme C2
Mematikan Getaran pada Realme C2
  1. Buka menu Pengaturan atau Setelan di Realme C2.
  2. Kemudian masuk ke opsi Suara dan Getaran.
  3. Selanjutnya nonaktifkan opsi Getarkan untuk Panggilan Masuk, Bergetar saat Senyap, Getar saat Disentuh, dan juga getaran untuk notifikasi lainnya. 
  4. Selesai.

9. Mematikan Data Seluler atau Wifi

Mematikan Data Seluler atau Wifi
Mematikan Data Seluler atau Wifi

Jika memang tidak sedang digunakan, sebaiknya kamu matikan data seluler di HP. Atau jika kamu biasanya menyambungkan HP ke jaringan Wifi, maka kamu matikan saja sambungan tersebut jika tidak sedang digunakan.

Lebih efektif lagi dengan mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP Realme C2. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengusap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan Quick Panel. Selanjutnya ketuk pada ikon AirPlane Mode atau Mode Pesawat untuk mengaktifkannya.

Itulah tadi beberapa cara menghemat baterai Realme C2 dan seri HP Realme lainnya yang mudah dan ampuh bisa kalian terapkan. Bantu membagikan artikel ini ke akun media sosial pribadimu agar saya lebih semangat lagi membuat artikel menarik lainnya. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "9 Cara Menghemat Baterai Realme C2 Bisa Tahan Seharian"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-