Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Mode Pesawat Tidak Bisa Dimatikan di HP Samsung

CahDeso.id - Pengguna Samsung mungkin pernah mengalami masalah error pada perangkat HP yang digunakannya, yang mana hal ini akan mengganggu kenyamanan mereka. Salah satu masalah error yang sering terjadi adalah Mode Pesawat yang tidak bisa dimatikan. Umumnya cara mematikan Mode Pesawat cukup dengan menekan ikonnya yang tersedia di Quick Panel. Akan tetapi, dalam hal ini AirPlane Mode tetap tidak bisa dinonaktifkan. Cara mengatasi Mode Pesawat tidak bisa dimatikan di Samsung sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun memang perlu trik khusus.

Cara Mengatasi Mode Pesawat Tidak Bisa Dimatikan di HP Samsung
Cara Mengatasi Mode Pesawat Tidak Bisa Dimatikan di HP Samsung

Mode Pesawat atau AirPlane merupakan salah satu fitur utama di HP android yang berfungsi untuk mematikan jaringan seluler di dalamnya. Saat Mode Pesawat diaktifkan, maka sinyal jaringan seluler akan otomatis hilang dan logo ikonnya diganti dengan ikon Pesawat. Selain itu, mode ini juga akan memutuskan sambungan wifi di HP, meskipun nantinya kita bisa menghubungkan lagi HP ke jaringan wifi walaupun Mode Pesawat sedang aktif.

Mode Pesawat biasanya digunakan saat pengguna akan menaiki pesawat terbang, yang mana jaringan di HP yang aktif diklaim akan mengganggu kestabilan pesawat saat terbang. Selain itu, pada kondisi lain Mode Pesawat memungkinkan untuk diaktifkan, seperti saat tidak ingin diganggu (Mode Fokus), mematikan jaringan seluler, untuk menghemat daya baterai dan kondisi lainnya. Akan tetapi, Mode Pesawat yang selalu aktif dapat mengganggu kenyamanan kita dalam mengoperasikan HP. Pasalnya, hampir semua aktivitas di HP android membutuhkan koneksi jaringan internet.

Penyebab Mode Pesawat Tidak Bisa Dimatikan di HP Samsung

Penyebab Mode Pesawat Tidak Bisa Dimatikan di HP Samsung
Penyebab Mode Pesawat Tidak Bisa Dimatikan di HP Samsung

Mode Pesawat atu AirPlane Mode tidak bisa dimatikan bisa terjadi pada merek dan tipe HP saja. Baik itu, dialami di HP Samsung, OPPO, Realme, Xiaomi, Infinix, VIVO, Lenovo, Asus dan merek HP lainnya. Yang pasti, Mode Pesawat yang terus aktif ini perlu diatasi agar kenyamanan kita dalam mengoperasikan HP tidak terganggu. 

Sebelum ke langkah mengatasi AirPlane Mode di HP tidak bisa dinonaktifkan, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebabnya. Mengetahui penyebabnya ini akan memudahkan kamu dalam mengatasinya, serta melakukan pencegahan agar masalah yang sama tidak terulang lagi. Adapun beberapa penyebab AirPlane Mode tidak bisa dimatikan di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Jaringan HP yang Mengalami Error

Masalah utama yang menjadi penyebab utama Mode Pesawat selalu aktif meskipun sudah diklik nonaktifkan yakni karena error pada jaringan HP. Pengaturan jaringan di HP tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga ini membuat Mode Pesawat tetap hidup.

Bisa jadi karena kamu telah melakukan utak-atik pada Pengaturan Jaringan HP dan tidak sengaja membuatnya error.

2. Bug pada Sistem Android

Selain karena pengaturan jaringan, faktor lainnya yang dapat membuat error Mode Pesawat di HP yakni bug pada sistem android. Bug atau error kerap kali terjadi pada sistem operasi android, dalam hal ini vendor HP selalu melakukan pembaruan pada OS Android yang diterapkan pada produk smartphonenya guna mengatasi itu semua.

3. Versi OS Android yang Tidak Kompatibel

Mungkin saja sebelum terjadinya error pada Mode Pesawat HP, kamu melakukan update sistem android di HP. OS Android terbaru yang digunakan mungkin tidak kompatibel dengan perangkat HP androidmu, sehingga menyebabkan berbagai masalah error. Termasuk error pada jaringannya yang berdampak pada Mode Pesawat selalu aktif. 

Hal yang sama juga bisa dialami saat kamu melakukan downgrade versi OS Android di HP. Kita tahu versi OS Android lama sering kali terdapat error atau bug di dalamnya, termasuk pada fungsi jaringannya.

4. Kerusakan pada Hardware HP

Selain masalah pada sistem software, komponen hardware juga bisa menjadi penyebab Mode Pesawat di HP tidak bisa dinonaktifkan. Yang pasti ini terjadi karena komponen hardware yang ada hubungannya dengan koneksi atau jaringan di HP. Baik itu, pada slot kartu SIM, komponen penangkap sinyal atau yang lainnya.

Cara Mengatasi Mode Pesawat Tidak Bisa Dimatikan di HP Android

Lanjut ke cara memperbaiki AirPlane Mode tidak dapat dinonaktifkan di HP android. Mode Pesawat yang aktif biasanya ditandai dengan ikon Pesawat yang mengambang di bagian atas tampilan HP (notifiction bar). Ada kalanya ikon Mode Pesawat terus muncul dan tidak bisa hilang, akan tetapi jaringan seluler di HP bisa hidup. Kondisi tidak cukup mengganggu, namun tetap bikin risih pengguna.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki ikon Mode Pesawat tidak bisa dihilangkan atau dimatikan di HP android. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah diterapkan bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara mengatasi Mode Pesawat tidak bisa dimatikan di HP Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP

Lakukan Restart HP
Lakukan Restart HP

Cara yang paling mudah untuk mengatasi Samsung Mode Pesawatnya tidak bisa dimatikan yakni dengan melakukan restart atu mulai ulang. Untuk melakukannya kita bisa menekan dan tahan tombol Power / Daya hingga muncul beberapa opsi di layar. Kemudian pilih opsi Mulai Ulang atau Restart.

Setelah HP menyala lagi, biasanya masalah jaringan akan teratasi. Di sini kamu bisa membuka Quick Panel dengan mengusap layar dari atas ke bawah, lalu klik pada ikon Mode Pesawat untuk mematikannya.

2. Reset Pengaturan Jaringan di HP

Selain cara di atas, masalah Mode Pesawat yang tidak bisa dihilangkan ini bisa terjadi karena masalah pada pengaturan jaringan di HP. Kamu perlu melakukan reset pengaturan jaringan di Samsung agar jaringan di HP bisa normal kembali dan AirPlane Mode bisa dimatikan. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

Reset Pengaturan Jaringan di HP
Reset Pengaturan Jaringan di HP

  1. Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung.
  2. Kemudian gulir ke bawah dan klik pada opsi Manajemen Umum atau General Settings.
  3. Lanjutkan dengan klik opsi Reset.
  4. Kemudian klik pada opsi Reset Pengaturan Jaringan atau Reset Network Settings. 
  5. Konfirmasi dengan pilih SIM1 atau SIM2 dan klik tombol Reset Pengaturan.
  6. Sekarang kamu bisa coba matikan Mode Pesawat lagi. 
  7. Selesai.

Catatan:
Jika masih belum bisa, cobalah lanjutkan dengan klik Reset Semua Pengaturan yang juga tersedia di halaman tadi.

3. Lepas Kartu SIM dari HP

Lepas Kartu SIM dari HP
Lepas Kartu SIM dari HP

Bisa jadi Mode Pesawat yang tidak bisa hilang dikarenakan penggunaan kartu SIM atau SIM Card. Melansir dari situs Komunitas Resmi Samsung, beberapa pengguna ada yang berhasil mematikan Mode Pesawat yang susah dimatikan hanya dengan melepas kartu SIM-nya.

Namun, ketika kartu SIM di pasang kembali pada HP Samsungnya, justru Mode Pesawat aktif kembali dengan sendirinya. Bisa disimpulkan hal ini mungkin berkaitan dengan komponen hardware pada bagian slot kartu SIM yang dapat mengganggu fungsi dari Mode Pesawat.

4. Downgrade Versi OS Android di Samsung

Downgrade Versi OS Android di Samsung
Downgrade Versi OS Android di Samsung

Samsung termasuk salah satu verndor yang rajin memberikan update versi OS Android terbaru untuk setiap perangkat HP besutannya. Bahkan untuk HP yang sudah lama dirilis, mereka masih memberikan update terbaru untuk OS Android yang dipasang di dalamnya. 

Akan tetapi, terkadang memperbarui versi OS Android di Samsung mengakibatkan beberapa error di dalamnya. Entah itu karena soal kompatibilitas perangkat, bug pada OS Android atau masalah lainnya. Yang pasti, hal ini dapat menyebabkan error pada HP android, termasuk Mode Pesawat yang terus aktif. 

Cara mengatasi Mode Pesawat tidak bisa dimatikan di Samsung ini bisa dengan melakukan downgrade atau mengembalikan OS Android di Samsung ke versi sebelumnya sebelum update. Caranya dengan mendownload dulu file Firmware Samsung melalui situs SamMobile dan pastikan versi firmware yang dipilih tipenya sesuai dengan HP Samsung milikmu. Kemudian pasang firmware Samsung tersebut menggunakan software Odin yang dipasang di perangkat PC atau laptop.

5. Upgrade Versi OS Android Samsung

Kebalikan dari cara di atas, kali ini kamu perlu mengupdate versi OS Android yang digunakan di HP Samsung. Dengan catatan di HP Samsung milikmu sudah mendapatkan notifikasi bahwa ada versi OS Android terbaru yang tersedia. Untuk melakukan pembaruan perangkat lunak Samsung ini sendiri, yakni:

Upgrade Versi OS Android Samsung
Upgrade Versi OS Android Samsung

  1. Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung. 
  2. Kemudian gulir ke bawah dan pilih opsi Update Perangkat Lunak atau Update Software.
  3. Selanjutnya klik pada opsi Unduh dan Instal atau Download and Install.
  4. Sistem akan melakukan pemeriksaan pembaruan. Jika memang tersedia versi OS Android terbaru, maka kamu lanjutkan dengan klik Download.
  5. Tunggu sampai proses download berhasil, kemudian klik Instal Sekarang atau Jadwalkan Penginstalan. Butuh beberapa menit untuk menyelesaikan proses penginstalan atau pemasangan perangkat lunak tersebut.
  6. Selesai.

Catatan:
Jika setelah proses pemeriksaan pembaruan muncul tulisan “Perangkat Lunak Anda Sudah Terbarui”, itu artinya HP Samsung tersebut sudah menggunakan versi OS Android terbaru.

6. Lakukan Reset HP Samsung

Cara lainnya untuk mengatasi HP Samsung Tidak Bisa Dimatikan Mode Pesawatnya yakni dengan melakukan Reset. Cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di Memori Internal HP. Karena itulah, kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu untuk menyelamatkan data penting yang ada di dalamnya. 

Terdapat dua cara untuk melakukan reset data pabrik di HP Samsung, yakni lewat menu Pengaturan dan lewat Recovery Mode. Adapun cara reset HP Samsung semua tipe selengkapnya, yakni:

Cara 1. Reset HP Samsung Lewat Pengaturan

Reset HP Samsung Lewat Pengaturan
Reset HP Samsung Lewat Pengaturan

  1. Langkah pertama masuk ke menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung. 
  2. Kemudian klik pada opsi Manajemen Umum atau General Management.
  3. Lanjutkan dengan klik opsi Reset.
  4. Kemudian klik Reset Data Pabrik
  5. Konfirmasi reset HP Samsung dengan klik Reset
  6. Tinggal menunggu sampai proses reset berhasil.
  7. Selesai.

Cara 2. Reset HP Samsung Lewat Recovery Mode

Reset HP Samsung Lewat Recovery Mode
Reset HP Samsung Lewat Recovery Mode
  1. Hidupkan HP Samsung seperti biasa.
  2. Kemudian tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Atas secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Setelah muncul tampilan di layar, kamu lepas tekanan pada tombol Power dan Volume. 
  4. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode. Gunakan tombol volume untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  5. Arahkan pilihan ke opsi Wipe Data / Factory Reset dan klik tombol Power untuk memilih.
  6. Lanjutkan dengan pilih opsi Wipe All Data. Lalu konfirmasi dengan pilih Yes
  7. Tunggu beberapa saat, jika sudah selesai selanjutnya pilih opsi Reboot System Now.
  8. HP Samsung akan melakukan restart dengan sendirinya. 
  9. Selesai.

Setelah dilakukan reset atau factory reset Samsung, selanjutnya kamu tinggal melakukan pengaturan awal pada HP. Dalam hal ini Mode Pesawat di Samsung sudah berhasil diperbaiki.

7. Service HP Samsung

Service HP Samsung
Service HP Samsung

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi Mode Pesawat yang tidak dapat dinonaktifkan yakni dengan membawanya ke tempat servis HP profesional. Disarankan untuk mengunjungi service center Samsung terdekat untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Mode Pesawat tidak bisa dimatikan di Samsung yang mudah dan ampuh bisa kalian terapkan. Jangan lupa bagikan artikel di CahDeso.id ke akun media sosial pribadimu sebagai dukungan demi berkembangnya situs ini. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Mode Pesawat Tidak Bisa Dimatikan di HP Samsung"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-