Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengetahui IP Address Orang Lain, HP dan Laptop!

CahDeso.id - Untuk tujuan tertentu kamu ingin menerapkan cara mengetahui IP Address orang lain pada perangkat smartphone atau komputernya. Hal ini tentunya dapat dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Meskipun ada pula alternatif lain untuk melihat IP Address HP dan laptop orang lain dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Yang pasti, cara-cara tersebut sangat mudah diterapkan bahkan bagi kamu yang masih awam.

Cara Mengetahui IP Address Orang Lain
Cara Mengetahui IP Address Orang Lain

Sudah mencari di internet, namun belum menemukan cara mudah untuk mengetahui alamat IP orang lain di HP atau laptopnya? Tenang saja, sekarang kamu akan menemukan jawabannya di artikel ini. Di sini saya akan memberikan penjelasan yang lengkap untuk dapat melihat alamat IP pada HP atau laptop tanpa dari jarak jauh. Artinya kamu bahkan tidak perlu menyentuh perangkat lain tersebut untuk mengetahui IP Address miliknya.

Cara inilah yang memang banyak dicari oleh orang-orang, yang mana mereka ingin memanfaatkan IP Address perangkat lain tersebut untuk keperluan tertentu. Namun, sebaiknya kamu manfaatkan cara yang diberikan ini secar bijak. Jangan menjadikannya sebagai sarana untuk berbuat kejahatan, apalagi yang dapat merugikan orang lain. Mengenai cara mengetahui alamat IP HP dan laptop orang lain selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Apa Itu IP Address atau Alamat IP?

IP Address atau Internet Protocol Address merupakan sebuah susunan nomor unik yang dimiliki oleh setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Di mana alamat jaringan dari perangkat ini akan menjadi jembatan penghubung suatu perangkat dengan perangkat lainnya.

Jadi, IP Address tidak hanya bisa dimiliki oleh sebuah smartphone dan komputer/laptop saja, melainkan juga perangkat elektronik lainnya yang bisa terkoneksi ke sebuah jaringan. Misalnya saja, printer, speaker, smart TV dan lain sebagainya.

Cara Mengetahui IP Address Orang Lain Pada HP atau Laptopnya

Dan kali ini akan dijelaskan cara untuk mengetahui IP Address dari HP atau laptop orang lain tanpa menyentuh dan mengoperasikannya, alias dari jarak jauh. Dengan cara ini si pemilik HP atau laptop tidak akan tahu kalau kamu sedang mengintip IP Address dari perangkat yang digunakannya.

Adapun beberapa cara mengetahui IP Address orang lain pada perangkat HP dan laptopnya tersebut, di antaranya:

1. Cek Alamat IP Orang Lain Lewat Halaman Admin Router

Cara yang pertama untuk bisa mengetahui alamat IP orang lain yang terhubung ke jaringan wifi, yakni dengan mengakses halaman admin router atau modem wifi. Ya, cara ini hanya bisa dilakukan jika perangkat HP atau laptop orang lain yang ingin dilihat IP Addressnya tersebut terhubung ke internet melalui jaringan wifi.

Intinya di sini kamu harus bisa masuk ke halaman admin router atau modem wifi dengan username dan password yang benar. Sekali pun kamu bukan pemilik dari jaringan wifi, asalkan detail login halaman admin router masih dalam keadaan default, maka kamu bisa masuk dengan mudah. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

Cek Alamat IP Orang Lain Lewat Halaman Admin Router
Cek Alamat IP Orang Lain Lewat Halaman Admin Router

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di HP atau laptop yang kamu gunakan. Pastikan perangkat yang kamu gunakan tersebut sudah terhubung ke jaringan wifi yang sama dengan perangkat target yang ingin dilihat alamat IP-nya.
  2. Pada halaman browser, sekarang kamu ketik alamat IP router wifi. Umumnya alamat router wifi yakni 192.168.1.1 lalu tekan Enter.
  3. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman login admin router. Masukkan username dan password dari halaman admin router tersebut. Untuk detail login default, kamu isi saja username dan passwordnya dengan “admin”. Di sini saya contohkan untuk router ZTE dengan username default “admin” dan password “Telkomdso123”.
  4. Kemudian klik Login untuk masuk ke halaman admin router tersebut.
  5. Jika sudah berhasil masuk, sekarang kamu masuk ke menu Network. Kemudian klik pada sub menu WLAN dan pilih sub menu Associated Devices.
  6. Maka di sana akan ditampilkan daftar perangkat yang terhubung ke jaringan wifi tersebut beserta informasi alamat IP dari setiap perangkat tersebut.
  7. Selesai. 

Untuk jenis router lainnya, seperti Huawei, TP Link, hingga Tenda kemungkinan akan berbeda IP Address halaman admin dan username serta password defaultnya. Tinggal kamu sesuaikan sendiri dengan jenis router yang digunakan pada jaringan wifi.

2. Cek Alamat IP Orang Lain Lewat Website

Jika perangkat orang lain yang ingin kamu ketahui IP Addressnya tidak terhubung ke jaringan wifi yang sama dengan perangkat yang kamu gunakan, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Cara ini bahkan bisa digunakan dari jarak jauh, termasuk target yang berada di luar jangkauan, bahkan di luar kota.

Di sini kamu bisa memanfaatkan sebuah website yang memang khusus digunakan untuk melihat alamat IP perangkat lain tanpa ketahuan pemiliknya. Cara kerjanya yakni dengan membuat link samaran dan membagikannya ke target. Saat si target meng-klik link tersebut, maka secara otomatis kamu sudah bisa melihat alamat IP dari perangkat yang digunakannya. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat pada tutorial di bawah ini:

Cek Alamat IP Orang Lain Lewat Website
Cek Alamat IP Orang Lain Lewat Website

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser dan kunjungi halaman website IPLogger
  2. Sekarang kamu siapkan dulu link yang ingin digunakan untuk tumbal agar bisa melihat IP perangkat yang orang lain gunakan. Misalnya saja link sebuah website, link produk marketplace, link video medsos dan lain sebagainya.
  3. 3Jika sudah, sekarang kamu Paste atau Tempel link tadi pada kolom yang  tersedia di halaman website IPLogger. Kemudian klik tombol Create a Shortenlink yang ada di bawah kolom. 
  4. Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman baru. Selanjutnya kamu klik tombol Copy yang ada di sebelah kanan Link Hasil Shorten tadi.
  5. Sekarang kamu bagikan link tersebut ke orang lain yang ingin kamu lihat alamat IP miliknya. Saat orang tersebut meng-klik link yang kamu bagikan, maka di halaman website IPLogger tadi akan langsung terlihat detail informasi dari perangkat yang digunakan, termasuk alamat IP-nya.
  6. Selesai.

Catatan:
Jika masih belum muncul hasilnya, cobalah untuk merefresh halaman website IPLogger tersebut. Jangan keluar dari website agar kamu bisa terus memantau alamat IP perangkat lain yang telah meng-klik link yang dibagikan tadi.

3. Cek Alamat IP Orang Lain dengan Aplikasi Tambahan

Sementara untuk cara yang ketiga ini kamu memerlukan aplikasi pihak ketiga agar bisa melihat IP Address orang lain. Cara ini khusus digunakan untuk melihat IP HP lain, bahkan dari jarak yang sangat jauh. Bahkan kamu dapat mengetahui alamat IP orang lain yang sedang chattingan denganmu di WhatsApp atau aplikasi chatting online lainnya.

Adapun langkah-langkah melihat IP Address HP orang lain tanpa ketahui dengan aplikasi tambahan tersebut, yakni:

Cek Alamat IP Orang Lain dengan Aplikasi Tambahan
Cek Alamat IP Orang Lain dengan Aplikasi Tambahan

  1. Langkah pertama kamu download dan install aplikasi bernama Termux di HP androidmu.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi, sekarang kamu ketik perintah $ netstat atau $ netstat – an lalu klik Enter.
  4. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi Termux selesai melakukan perintah yang kamu berikan tersebut.
  5. Jika sudah, nantinya kamu akan melihat daftar perangkat yang sedang chattingan denganmu di WhatsApp atau aplikasi lain, beserta juga alamat IP-nya.
  6. Selesai.

Cara ini bisa dibilang sangat gampang diterapkan, namun jika karena banyaknya list perangkat yang ditampilkan mungkin akan membuatmu bingung mengetahui perangkat yang menjadi targetmu.

Itulah tadi beberapa cara mengetahui IP Address orang lain pada perangkat HP atau laptop yang digunakannya. Kamu bisa memilih salah satu cara yang disebutkan sesuai dengan kebutuhanmu. Agar saya lebih semangat lagi membagikan konten artikel menarik, berikan dukungan dengan membagikan artikel di CahDeso.id ini ke akun media sosialmu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengetahui IP Address Orang Lain, HP dan Laptop!"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-