Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Teman Online di WhatsApp Android

CahDeso.ID - Sebagian dari kita suka kepo pada teman atau gebetan, apakah WhatsApp-nya sedang online atau tidak. Nyatanya, masih banyak pengguna yang belum tahu cara melihat gebetan sedang online atau tidak di WhatsApp-nya. Alhasil, kita tidak bisa saling balas chat cepat dengannya. Padahal di WhatsApp sudah disediakan fitur khusus yang menjadi tanda WhatsApp teman sedang online atau aktif.

Untuk mengetahui teman online di WA tersebut sebenarnya sangat mudah, tidak hanya melalui fitur Online yang disediakan di aplikasi WhatsApp. Beberapa pengguna merasa fitur ini kurang efektif, karena saat pengguna WA lain mematikan fitur Online tersebut maka kita tidak bisa tahu kapan ia online atau tidak. Untuk itu, kamu bisa menggunakan alternatif lain untuk mengetahui status online di WhatsApp teman tersebut. Mengenai informasi cara melihat teman online di WhatsApp selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Melihat Teman Online di WhatsApp
Cara Melihat Teman Online di WhatsApp

Cara Melihat Teman Online di WhatsApp Android

Untuk bisa melihat kontak WhatsApp sedang online atau tidak, setidaknya ada 3 metode yang bisa dilakukan. Yang pasti ketiga cara tersebut sangat mudah dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara melihat teman online di WhatsApp atau tidak selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melihat Online WA Melalui Ruang Chat atau Obrolan

Cara yang pertama ini merupakan metode paling umum untuk mengetahui teman WhatsApp online atau tidak. Menerapkan cara ini kita tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, bahkan tidak membutuhkan settingan yang rumit pada HP. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp seperti biasa di HP. Pastikan HP androidmu sudah terhubung ke jaringan internet.

2. Pada halaman Obrolan WhatsApp, kamu klik salah satu chat dengan teman yang ingin dilihat status onlinenya.

3. Ruang chat dengan teman akan ditampilkan, jika memang temanmu sedang online maka akan terlihat tulisan “Online” yang ada di bawah nama kontak teman tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Melihat Online WA Melalui Ruang Chat atau Obrolan
Melihat Online WA Melalui Ruang Chat atau Obrolan

4. Selesai.

Catatan:
Status Online di WhatsApp teman atau kontak ini akan tetap terlihat meskipun mereka telah mematikan atau mengecualikan fitur Terakhir Dilihat atau Last Seen di akun WhatsApp-nya.

Selain status online, cara ini juga bisa kamu terapkan untuk tujuan melihat kapan teman WhatsApp online. Di bawah nama teman WhatsApp akan tertera informasi bertulis “Terakhir dilihat hari ini/kemarin/tanggal pukul ...:...” atau “Last Seen ......”. Jika memang tulisan Terakhir Dilihat atau Last Seen tidak muncul, bisa jadi temanmu telah menyembunyikan atau mematikan fitur tersebut. Lihat gambar di bawah ini:

Cara melihat kapan teman WhatsApp online
Cara melihat kapan teman WhatsApp online

2. Mengetahui Status Online WA dengan Kirim Chat

Mengetahui Status Online WA dengan Kirim Chat
Mengetahui Status Online WA dengan Kirim Chat

Selain cara di atas, ada alternatif lainnya yang tidak kalah mudah untuk mengetahui teman sedang online atau tidak di WhatsApp. Cara yang dimaksud yakni dengan mengirim sebuah chat ke kontak WA teman yang ingin diketahui status onlinenya tersebut. Mengirim chat WhatsApp sendiri bisa dalam bentuk apa pun, baik itu pesan teks, pesan suara, ataupun file media.

Saat chat berhasil dikirim ke WhatsApp target, selanjutnya kamu perhatikan tanda centang yang ada di bawah pesan. Jika hanya tetlihat satu centang saja, itu artinya teman WhatsApp tersebut sedang tidak online alias dimatikan data di HP-nya. Sementara jika yang muncul justru centang dua dan bahkan warnanya berubah menjadi warna biru, itu artinya temanmu sedang aktif dan membuka WhatsApp.

3. Melihat Teman WA Sedang Online Lewat Aplikasi

Dan cara yang terakhir yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa melihat kontak WA online atau tidak. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan, dan masing-masing aplikasi memiliki kelebihan tersendiri. Pada aplikasi tersebut bahkan ada pula fitur khusus yang memberikan notifikasi ketika ada teman WhatsApp yang sedang online. Jadi, kita bisa tahu kapan saja teman WhatsApp yang sedang online tersebut.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui teman WA online atau tidak yakni bernama WhatLogin: online last seen. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh WhatZome App dan sudah didownload lebih dari 1 juta kali melalui Google Playstore. Untuk cara menggunakan aplikasi tersebut, yakni:

Melihat Teman WA Sedang Online Lewat Aplikasi
Melihat Teman WA Sedang Online Lewat Aplikasi

1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi WhatLogin: online last seen melalui Google Playstore.

2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.

3. Aplikasi akan meminta izin akses untuk beberapa fitur di HP, kamu berikan izin akses dengan klik Izinkan.

4. Pada halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu bisa menambahkan nomor WhatsApp teman yang ingin dilacak aktivitasnya di WhatsApp. 

5. Jika berhasil, nantinya kamu akan mengetahui kapan saja teman membuka WhatsApp, bahkan akan terlihat jika sedang online meskipun status onlinenya disembunyikan dengan menggunakan GB WhatsApp atau WhatsApp MOD lainnya.

6. Selesai. 

Catatan:
Pada aplikasi juga disediakan fitur Notifikasi Instan, di mana fitur ini akan memberitahu pengguna saat nomor WhatsApp yang ditambahkan sedang online.

Selain aplikasi WhatLogin: online last seen, tentunya masih ada banyak jenis aplikasi serupa yang bisa digunakan. Mulai dari aplikasi WhatsLog, WhatzTrack, WhatsMonitor, OnLog, Wossip dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Melihat Teman WhatsApp Online di WhatsApp Web?

Sebagian dari kalian mungkin lebih suka mengakses WhatsApp melalui desktop atau PC. Hal ini memang memudahkan bagi pengguna yang setiap harinya tidak terlepas dari penggunaan perangkat desktop. Dan kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara mengetahui teman online di WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop. Mudah saja, dan hampir sama caranya seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Cara Melihat Teman WhatsApp Online di WhatsApp Web
Cara Melihat Teman WhatsApp Online di WhatsApp Web

1. Langkah yang pertama kamu kunjungi situs Web.WhatsApp.com lalu login ke akun WhatsApp milikmu.

2. Jika sudah berhasil masuk, sekarang kamu buka obrolan atau chat dengan teman yang ingin dilihat status onlinenya. 

3. Pada ruang chat WA yang ditampilkan, kamu akan melihat tulisan “Online” tepat di bawah nama teman WhatsApp jika memang ia sedang online. Sebaliknya, tidak akan ada tulisan atau terdapat informasi Terakhir Dilihat jika ia sedang tidak online.

4.Selesai. 

WhatsApp Web sebenarnya sama saja dengan WhatsApp biasa di HP, di mana pengguna juga memungkinkan untuk menyembunyikan status online atau Terakhir Dilihatnya.

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp GB

GB WhatsApp atau GB WA atau juga WhatsApp GB merupakan salah satu aplikasi WhatsApp MOD yang paling populer digunakan. Aplikasi ini banyak dipilih dikarenakan disediakan fitur lengkap di dalamnya, bahkan yang tidak bisa ditemukan di aplikasi WhatsApp Original. Termasuk juga fitur menyembunyikan status Terakhir Dilihat atau Last Seen serta status Online.

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara melihat teman online di WhatsApp GB atau GB WhatsApp. Metode ini juga bisa dilakukan sebagai cara melihat online WhatsApp yang disembunyikan dengan penggunaan WhatsApp MOD. Untuk langkah-langkah menggunakannya, yakni: 

1. Langkah pertama kamu buka aplikasi GB WhatsApp di perangkat androidmu.

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp GB
Gambar 1 Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp GB

2. Pada halaman utama WhatsApp GB, sekarang kamu klik menu Tiga Titik di pojok kanan atas tampilan lalu pilih Setelan

3. Masuk ke opsi Akun, lalu pilih Privasi dan klik opsi Terakhir Dilihat. Selanjutnya kamu atur ke opsi Semua Orang

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp GB
Gambar 2 Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp GB

4. Kembali ke halaman utama GB WhatsApp, lalu klik lagi menu Tiga Titik di pojok kanan atas. Kemudian klik opsi GBPengaturan, lalu pilih Privasi dan Keamanan.

5. Pada bagian opsi Privasi, kamu klik opsi Contacts lalu hilangkan semua centangnya. Lakukan cara yang sama pada opsi Grup dan Broadcasts.

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp GB
Gambar 3 Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp GB

6. Kembali lagi ke halaman Privasi dan Keamanan, kemudian kamu tekan tombol slider di sebelah kanan opsi Bekukan Terakhir Terlihat

7. Sekarang kembali ke halaman utama WhatsApp, di sana akan terlihat kalau temanmu sedang online. Ciri-cirinya terdapat tanda Titik Hijau di pojok atas foto profil teman WhatsAppmu. 

8. Selesai.

Metode ini juga bisa digunakan sebagai cara mengetahui online WA tanpa membuka chat teman yang ingin diketahui status onlinenya. Pasalnya, tanpa buka chat pun di sana sudah terlihat tanda Titik Hijau yang menandakan teman WA sedang aktif atau online. 

Catatan:
Menerapkan cara ini akan bersifat 2 arah, di mana jika dinonaktifkan maka kamu bisa melihat teman yang online dan sebaliknya. Sementara diaktifkan fiturnya, maka status online di WhatsApp teman akan hilang, begitu juga di WA temanmu yang tidak bisa melihat status online kamu.

Itulah tadi cara melihat teman online di WhatsApp HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Beri dukungan terus situs CahDeso.ID dengan cara share informasi yang ada di situs ini. Dukunganmu sangat berarti bagi saya sebagai pemilik dari situs ini. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Teman Online di WhatsApp Android"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-