Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Pulsa OnNet Indosat Menjadi Pulsa Biasa Terbaru 2023

Cara Mengubah Pulsa OnNet Indosaat Menjadi Pulsa Biasa
Cara Mengubah Pulsa OnNet Indosat Menjadi Pulsa Biasa

CahDeso.id - Sebagian dari kalian mungkin masih belum tahu cara mengubah pulsa OnNet Indosat menjadi pulsa biasa. Padahal, merubah bonus pulsa isi ulang Indosat menjadi pulsa biasa sangatlah mudah. Bahkan bagi kamu yang masih awam pun pasti bisa melakukannya tanpa kendala. Selain dirubah menjadi pulsa biasa, bonus pulsa OnNet Indosat juga bisa dirubah menjadi kuota internet. Sehingga kamu bisa mengakses internet secara gratis di kartu Indosat Ooredoo, khususnya kartu IM3. 

Pada artikel kali ini akan saya bahas secara detail tentang cara menggunakan pulsa OnNet Indosat tersebut, baik untuk SMS, teleponan, ataupun internetan. Akan dibahas juga pengertian dan cara mendapatkan pulsa OnNet Indosat, masa berlaku / masa aktif, dan juga cara cek sisa pulsa OnNet Indosat tersebut. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Apa Itu Pulsa OnNet Indosat?

Sebelum menjelaskan cara mengubah pulsa OnNet Indosat menjadi pulsa biasa, sebaiknya kamu ketahui dulu pengertian pulsa OnNet Indosat Ooredoo tersebut. Sebenarnya ada dua jenis pulsa yang bisa kamu gunakan di kartu Indosat Ooredoo, yakni pulsa OnNet dan OffNet. Keduanya tentu berbeda fungsi dan cara penggunaannya. 

Pulsa OnNet (On Network) Indosat merupakan pulsa dari Indosat yang hanya bisa dipakai untuk melakukan panggilan ke sesama nomor Indosat Ooredoo. Sama halnya dengan bonus kuota SMS OnNet, ini juga hanya bisa kamu gunakan untuk SMS ke sesama nomor Indosat Ooredoo.

Adapun beberapa jenis kartu yang masuk ke dalam jaringan pulsa OnNet Indosat Ooredoo yakni kartu IM3, Mentari dan juga Matrix. Pulsa OnNet Indosat ini sendiri biasanya akan diterima oleh pengguna saat melakukan isi ulang dengan jumlah tertentu. Misalnya saat membeli pulsa ataupun membeli paket data internet tertentu.

 

Apa Bedanya Pulsa OnNet dan OffNet Indosat?

Selain pulsa OnNet Indosat, ada pula istilah pulsa OffNet Indosat. Ini merupakan kebalikan dari pulsa OnNet Indosat di atas, di mana pulsa OffNet memungkinkan untuk kamu gunakan menelpon atau mengirim SMS ke nomor sesama Indosat dan juga operator lain.

Tidak hanya itu saja, pulsa OffNet Indosat juga bisa kamu gunakan untuk membeli paket internet dan juga paket nelpon & SMS tertentu. Berbeda dengan jenis pulsa OnNet yang hanya bisa digunakan secara langsung alias tidak bisa digunakan untuk membeli paket tertentu. 

Cara Mendapatkan Bonys Pulsa OnNet Indosat Ooredoo

Pulsa OnNet Indosat Ooredoo biasanya didapatkan sebagai BONUS saat pengguna membeli pulsa atau layanan paket tertentu. Untuk besar pulsa OnNet Indosat yang didapat bervariasi, menyesuaikan dengan nominal pulsa atau layanan paket yang dibeli. Semakin besar transaksi yang dilakukan, tentunya besar bonus pulsa OnNet yang didapat semakin besar pula.

Sama seperti pulsa biasa, pulsa OnNet Indosat juga memiliki masa aktif yang berlaku. Sebaiknya kamu segera menggunakan pulsa OnNet tersebut sebelum masa aktifnya habis. Untuk masa aktif pulsa OnNet yang diberikan bervariasi, mulai dari 1 hari, 3 hari, 5 hari hingga 7 hari.

Cara Mengubah Pulsa OnNet Indosat Menjadi Pulsa Biasa

Cara Mengubah Bonus Pulsa Indosaat Menjadi Pulsa Biasa
Cara Mengubah Bonus Pulsa Indosat Menjadi Pulsa Biasa

Kalian mungkin sudah tidak sabar ingin tahu cara merubah bonus pulsa Indosat menjadi pulsa biasa. Seperti yang dijelaskan di atas, pulsa OnNet merupakan bonus pulsa yang didapat saat pengguna melakukan isi ulang pulsa dan paket data dengan jumlah tertentu. Jadi, ada syarat dan ketentuan pulsa OnNet Indosat yang sudah ditetapkan oleh pihak Indosat. 

Pulsa OnNet Indosat sudah punya kegunaan layaknya pulsa biasa. Kamu bisa menggunakan bonus pulsa isi ulang Indosat tersebut untuk mengirim SMS, melakukan panggilan telepon, dan juga internet. Hanya saja untuk urusan SMS dan telponan hanya bisa dilakukan ke sesama nomor Indosat Ooredoo.

Jadi, kesimpulannya cara merubah pulsa OnNet Indosat menjadi pulsa biasa adalah tidak perlu kamu lakukan. Toh fungsi pulsa OnNet sudah sama seperti pulsa biasa, yakni bisa digunakan internetan, teleponan dan SMS-an.

Cara Menggunakan Pulsa OnNet Indosat Ooredoo

Selanjutnya akan saya jelaskan bagaimana cara menggunakan bonus pulsa Indosat atau pulsa OnNet Indosat tersebut. Sangat mudah kok, dan kamu yang masih awam pun bisa dengan mudah melakukannya.

Sebelum mulai gunain pulsa OnNet Indosat di kartu IM3, Mentari dan Matrix, sebaiknya kamu cek bonus pulsa OnNet Indosat tersebut. Apakah pulsa OnNet berlaku untuk SMS, telepon dan Internet ataupun hanya salah satu layanan saja. Jangan sampai yang didapat bonus pulsa SMS OnNet, namun kamu gunakan untuk internet atau teleponan. Ini tentunya akan mengurangi pulsa reguler yang kamu miliki. 

1. Cara Menggunakan Pulsa OnNet untuk SMS

Pulsa OnNet Indosat ada yang bisa digunakan untuk semua layanan dan ada pula yang hanya untuk SMS saja. Sebaiknya kamu ketahui hal tersebut agar tidak menyesal nantinya. Menggunakan pulsa OnNet Indosat untuk mengirim SMS bisa dilakukan dengan sangat mudah. 

Kamu tidak perlu memaketkan pulsa OnNet tersebut, melainkan langsung menggunakannya untuk mengirim SMS. Namun, yang perlu diingat pulsa OnNet ini hanya bisa kamu gunakan untuk mengirim SMS ke sesama nomor Indosat Ooredoo. Jika ke beda operator, maka yang digunakan adalah pulsa reguler.

Tarif layanan SMS dengan pulsa OnNet Indosat ini berbeda dengan pulsa biasa atau reguler. Untuk satu kali pengiriman SMS akan mengurangi pulsa OnNet Indosat sebesar Rp 150,-. Untuk menggunakanya, pastikan kamu tidak memiliki paket SMS yang sedang aktif.

2. Cara Menggunakan Pulsa OnNet untuk Nelpon

Sama halnya seperti layanan SMS di atas, pulsa OnNet juga hanya bisa kamu gunakan untuk menelpon ke sesama nomor Indosat Ooredoo. Pulsa OnNet Indosat tersebut juga tidak bisa kamu gunakan untuk membeli paket nelpon, melainkan langsung digunakan.

Tidak perlu mendaftar paket apa pun, cukup kamu langsung melakukan panggolan telepon ke nomor Indosat Ooredoo. Maka tarif yang harus dibayar akan langsung mengurangi bonus pulsa OnNet. Tarif panggilan telepon dengan menggunakan pulsa OnNet Indosat ini sendiri adalah sebesar Rp 100,- per menit

3. Cara Menggunakan Pulsa OnNet untuk Internetan

Banyak yang bertanya cara mengubah pulsa OnNet Indosat menjadi kuota internet. Sama halnya seperti mengubahnya ke pulsa reguler atau pulsa biasa, hal ini juga tidak perlu kamu lakukan. Kamu bisa langsung menggunakan pulsa OnNet untuk mengakses internet, namun dengan ketentuan penggunaan yang berlaku. 

Untuk menggunakan bonus pulsa Indosat mengakses internet, pastikan kamu tidak memiliki kuota internet utama yang sedang aktif. Pasalnya, fungsi pulsa OnNet Indosat ini sebagai pulsa cadangan. Jika kamu tidak memiliki kuota internet namun tetap ingin mengakses internet, maka pada saat itulah pulsa On Netword Indosat ini berfungsi.

Sementara untuk tarif layanan internet dengan pulsa OnNet Indosat Ooredoo ada ketentuannya sendiri. Tarifnya yakni sebesar Rp 1.000,- per MB. Jadi, jika kamu punya pulsa OnNet sebesar Rp 50.000,- maka bisa digunakan untuk internetan hingga 50MB data.

Cara Cek Pulsa OnNet Indosat Ooredoo yang Mudah

Sudah tahu cara menggunakan bonus pulsa Indosat untuk internetan, SMS dan telepon. Kali ini akan dibahas cara mengetahui sisa pulsa OnNet Indosat yang dimiliki. Dengan mengetahui sisa pulsa OnNet, maka kamu tidak akan kecolongan pulsa reguler saat menggunakan pulsa OnNet Indosat.

Setidaknya ada 3 cara untuk mengecek sisa pulsa OnNet Indosat tersebut, di antaranya:

1. Cek Pulsa OnNet Indosat via Menu Dial Up

Cek Pulsa OnNet Indosat via Menu Dial Up
Cek Pulsa OnNet Indosat via Menu Dial Up

Selain kode dial paket internet murah Indosat, ada pula kode dial yang berfungsi untuk mengece sisa kuota OnNet atau pulsa OnNet Indosat. Caranya terbilang sangat mudah, hanya dengan beberapa langkah kamu sudah bisa mengetahuinya. 

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Dial Up atau Panggilan
  • Ketik kode dial *557*8# lalu tekan Panggil (sesuai letak kartu SIM Indosat).
  • Nantinya akan muncul notifikasi pop up di layar yang berisi informasi mengenai pulsa OnNet yang kamu punya. Mulai dari sisa pulsa OnNet, jenis bonus pulsa OnNet, hingga masa berlakunya. 
  • Selesai.

2. Cek Pulsa OnNet Indosat via Layanan SMS

Cek Pulsa OnNet Indosat via Menu SMS
Cek Pulsa OnNet Indosat via Menu SMS

Alternatif lainnya untuk mengecek pulsa On Netword Indosat Ooredoo yakni dengan melalui layanan Pesan atau SMS. Caranya juga sama mudahnya untuk dilakukan, tidak butuh step-step yang panjang. 

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pesan di smartphone. 
  • Kemudian klik tombol Plus (+) untuk mengirim pesan atau SMS baru. 
  • Pada kolom nomor tujuan kamu isi dengan nomor 363
  • Kemudian pada kolom isi pesan kamu isi dengan format USAGE.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Kirim.
  • Nantinya akan ada SMS balasan dari pihak Indosat Ooredoo yang berisi rincian informasi mengenai pulsa OnNet yang kamu miliki. 
  • Selesai.

3. Cek Pulsa OnNet Indosat Lewat Aplikasi MyIM3

Cek Pulsa OnNet Indosat Lewat Aplikasi MyIM3
Cek Pulsa OnNet Indosat Lewat Aplikasi MyIM3

Cara yang ketiga ini diklaim lebih mudah dan praktis dibandingkan kedua cara di atas. Di dalam aplikasi kamu juga bisa mengetahui dengan mudah rincian informasi dari bonus pulsa isi ulang pulsa yang kamu dapatkan tersebut secara lebih detail. 

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi MyIM3 di smartphone-mu. 
  • Kemudian login ke akun MyIM3 dengan cara memasukkan nomor Indosatmu.
  • Pada halaman dasboard akun MyIM3, kamu cek pada bagian menu Kredit.
  • Klik pada menu Kredit tersebut untuk mengetahui secara lebih rinci mengenai bonus pulsa OnNet Indosat yang kamu miliki. 
  • Selesai.

Selain mengetahui sisa pulsa OnNet yang dimiliki, beberapa cara di atas juga bisa kamu jadikan cara mengecek masa aktif pulsa OnNet Indosat tersebut. Pasalnya, saat melakukan langkah-langkah di atas akan ditampilkan juga berapa masa berlaku untuk bonus pulsa OnNet Indosat Ooredoo tersebut. 

Cara Transfer Pulsa OnNet Indosat Ooredoo

Banyak juga yang bertanya bagaimana cara kirim pulsa OnNet Indosat ke nomor Indosat Ooredoo lain. Mengulang kembali ketentuan yang ditetapkan oleh pihak Indosat Ooredoo untuk pulsa OnNet Indosat, cara tersebut tidak bisa kamu lakukan.

Pulsa OnNet Indosat ibaratnya cuma sebagai pulsa cadangan yang bisa digunakan ketika kuota utama habis. Baik itu untuk keperluan SMS, nelpon dan juga internetan dengan ketentuan yang sudah dijelaskan di atas. Jadi, untuk mentransfer pulsa OnNet Indosat ini tidak bisa kamu lakukan

Lalu, Bagaimana Cara Menonaktifkan Pulsa OnNet Indosat?

Pulsa OnNet Indosat merupakan bonus spesial dari Indosat Ooredoo yang hanya diterima oleh pengguna beruntung saja. Jadi, tidak semua nomor Indosat bisa mendapatkan bonus pulsa OnNet tersebut saat melakukan isi ulang pulsa atau paket lainnya. 

Jadi, kenapa harus menonaktifkan pulsa OnNet Indosat? Justru ini adalah hal istimewa yang tidak perlu kamu tolak. Kamu bisa melakukan panggilan telepon gratis, SMS gratis, bahkan internetan gratis dengan menggunakan pulsa OnNet Indosat tersebut. 

Terlebih lagi masa berlaku pulsa OnNet Indosat biasanya tidak lama, mulai dari aktif 3 hari hingga 7 hari. Masa berlaku ini terhitung setelah kamu mendapatkan notifikasi penerimaan bonus pulsa OnNet Indosat tersebut.

Catatan:
Bisa disimpulkan, cara merubah pulsa OnNet Indosat menjadi pulsa biasa, kuota internet ataupun kuota SMS & nelpon rasanya tidak perlu dilakukan lagi. Kamu bisa langsung menggunakannya untuk SMS, nelpon atau internet sesuai ketentuan yang dijelaskan di atas. 

Itulah tadi cara mengubah pulsa OnNet Indosat menjadi pulsa reguler atau pulsa biasa beserta informasi terkait lainnya. Agar saya lebih semangat membuat konten artikel menarik dan bermanfaat, bantu share artikel di situs CahDeso.id ini ke akun media sosial pribadimu. Terima kasih dan Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Mengubah Pulsa OnNet Indosat Menjadi Pulsa Biasa Terbaru 2023"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-